Olah Digital Dasar: Memperbaiki Eksposur – KELASFOTOGRAFI.COM
Terhubung Dengan Kami

Olah digital

Olah Digital Dasar: Memperbaiki Eksposur

Olah Digital Dasar: Memperbaiki Eksposur

Eksposur tak pernah lepas dari pembahasan fotografi. Ketika kita berbicara masalah teknis maka materi dasar yang mesti dikuasai oleh fotografer adalah membentuk dan mengatur eksposur. Begitupula setelah urusan teknis lalu masuk ke tahap olah digital maka bagian paling awal yang perlu dikoreksi juga adalah eksposur. Nah, salah satu kunci untuk fotografer itu bisa sukses dengan gambarnya adalah selalu memperhatikan eksposurnya, baik di saat eksekusi maupun dalam tahap memproses gambar / olah digital.

Sekarang saya akan memandu Anda bagaimana langkah-langkah mengoreksi dan memperbaiki eksposur gambar-gambar Anda menggunakan software Adobe Photoshop. Fokus kita dalam memperbaiki eksposur ini ada pada dua tempat yaitu Highlight dan Shadow. Informasi kadar Hightlight dan Shadow ini ditunjukan oleh grafik diagram yang disebut Histogram. Jadi untuk memahami petunjuk saya di sini Anda sudah harus tahu cara membaca Histogram, silahkan klik di sini artikelnya. Dalam artikel tersebut saya telah menjelaskan mana yang disebut Hightlight dan mana yang disebut Shadow. Panduan ini juga menjadi dasar untuk cara mengatasi masalah yang sama menggunakan Adobe Lightroom. Baik, saya mulai tutorialnya dan simak baik-baik!

1. Download Materi Gambar

Di sini saya telah menyiapkan sebuah gambar sebagai bahan pembelajaran materi ini. Nanti setelah memahami tutorial ini baru lah Anda menggunakan gambar milik Anda. Silahkan klik di sini untuk mengunduh gambar.

2. Menggunakan Camera RAW Filter

Pastikan Photoshop yang Anda gunakan menyediakan fitur ‘Camera RAW Filter‘. Untuk masuk ke fitur ini silahkan cari pada menu atas dan klik ‘Filter -> Camera RAW Filter…‘ atau bisa dengan menekan tombol ‘Shift+Ctrl+A‘ pada papan keyboard. Selanjutnya Anda akan masuk ke tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

3. Memeriksa Histogram

Sebaiknya Anda jangan melakukan tindakan apa-apa dulu, langkah awal yang benar adalah menganalisa apa yang ditampilkan oleh Histogram. Berikut contoh grafik Histogram milik gambar saya:

Berdasarkan apa yang diinformasikan oleh Histogram bahwa gambar saya mengalami ‘Clipping’ pada bagian Highlight (lihat sebelah kanan dalam gambar), ini masalah eksposur yang harus diatasi. Untuk melihat area Highlight yang bermasalah di dalam gambar silahkan klik bagian kanan Histogram yang saya beri tanda panah, kemudian perhatikan dalam gambar, jika muncul area berwana merah dan berkedip-kedip maka itulah area Highlight yang bermasalah.

Adapun bagian Shadow terlihat baik-baik saja. Bisa ditebak yang menjadi bagian paling gelap untuk Shadow dalam gambar adalah area hitam di belakang subjek (garasi mobil). Dan karena yang menjadi masalah di sini adalah Highlight maka fokus perbaikan kita adalah memperbaiki Highlight. Selebihnya kita hanya perlu melakukan penyusaian secukupnya pada shadow atau eksposur secara keseluruhan.

4. Memperbaiki Masalah Clipping

Untuk memperbaiki masalah yang kita temukan di sini, kita bisa menempuh dua cara, pertama memperbaiki clipping langsung di dalam layar Histogram, kedua memperbaikinya dengan menggeser ‘kiri-kanan’ tombol yang ada di bawah Histogram.

#1 – Cara Pertama:

Klik (tahan klik Anda) pada grafik Histogram yang membengkak dan menempel di bagian kanan, lalu geser ke kiri secara perlahan, geser sehingga indikator Cliping highlight warning yang tadinya berwarna kuning atau putih berubah hitam. Perhatikan gambar di bawah:

#2 – Cara Kedua:

Cara kedua silahkan cari tombol Highlights lalu geser ke kiri untuk menurunkan Highlight. Di sini saya menurunkan hingga nilai -30. Perhatikan gambar di bawah ini:

Adapun pengaturan lain yang masih berkaitan dengan Highlight yaitu tombol Whites. Anda bisa menurunkan pengaturan ini secukupnya dan jangan berlebihan. Karena dampak dari pengaturan Whites ini menyebabkan berkurangnya kontras sehingga wajah subjek menjadi kurang pipih. Ini juga kurang baik bagi visual subjek.

5. Memeriksa Kembali Area Highlight pada Gambar

Caranya sama seperti sebelumnya dengan mengklik tombol indikator Highlight. Jika masih ada sedikit area warna merah pada subjek dan itu bukan di area yang vital maka itu bukan menjadi masalah serius. Perhatian utama kita dalam memperbaiki eksposur ini adalah mencegah clipping pada area subjek yang menjadi pusat perhatian seperti wajah, tangan, kaki dan lainnya.

6. Mengoreksi Bagian Lainnya

Karena dalam contoh kasus ini letak masalahnya hanya pada Highlight, maka setelah selesai memperbaikinya silahkan Anda mengoreksi bagian lainnya, misalnya saja menambah sedikit Shadownya atau menurunkan pencerahan untuk eksposur secara keseluruhan. Kebalikan dari tombol Whites, tombol Blacks ikut mendorong perubahan pada Shadow dan jika digunakan berlebihan juga dapat menyebabkan kurangnya kontras. Berikut After-Before untuk hasil perbaikan saya:

Setelah membaca artikel ini mungkin Anda berkesimpulan bahwa sebaiknya sejak awal eksekusi saya menghasilkan gambar dengan eksposur yang tidak bermasalah. Ya, itu memang benar, tapi untuk menembak di luar ruangan Anda akan menghadapi kondisi di mana tidak menghindari masalah clipping karena pencahayaan oleh sinar matahari bukan didalam kendali kita. Kesimpulannya Anda tetap mencegah dan juga harus mengetahui solusinya jika terjadi masalah pada eksposur gambar Anda.

Berikut tutorial olah digital lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi masalah-masalah penting pada gambar:

Semoga bermanfaat!!

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha kami menyusun semua artikel di blog Kelasfotografi.com.

Kategori #Olah digital

To Top