×
Kombinasi Fotografi dan Digital Art oleh Viktoria Solidarnyh
Blognews

Kombinasi Fotografi Dan Digital Art oleh Viktoria Solidarnyh

Siring berkembangnya software olah digital, kita bisa melihat seniman Digital Art yang sangat ahli. Seperti seniman digital muda asal Ukraina yang satu ini, dia menyatukan fotografi dan seni digital, realitas dan mimpi, dongeng dan kisah kegelapan lalu mengkombinasikan semua itu dalam seni indah menggunakan Photoshop.

Viktoria Solidarnyh, ia mengambil foto dan mengubahnya menjadi komposit. Beberapa di antaranya realistis, sementara yang lainnya terlihat lebih mirip gambar digital. Semuanya dibuat dengan menggabungkan banyak foto, dan banyak karya seni terlihat seperti koleksi buku atau film.

Viktoria adalah seniman muda dari Ukraina. Dia secara resmi menjadi perancang, tapi dari tahun 2012 sampai 2015, dia juga belajar fotografi. Secara paralel, ia menguasai Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Dia membutuhkan alat untuk mengembalikan foto dirinya sendiri namun kemudian memutuskan untuk mengeksplorasi digital art lebih jauh.

Pada bulan Januari 2016, dia mempersenjatai dirinya dengan sebuah tablet grafis dan memutuskan untuk mencurahkan waktunya untuk seni foto. Sejak itu, ia mulai mempelajari secara mendalam segala kemungkinan dengan Photoshop. Dia menggunakan internet sebagai sumber tutorial, dia terus berlatih dan berpartisipasi dalam kompetisi. Dia menerbitkan karyanya di berbagai komunitas Photoshop sehingga rekan kerja dan pemirsa biasa bisa memberinya kritik dan mengungkapkan pendapat mereka tentang pekerjaannya. Dan yang terpenting, dia bilang dia menyukai apa yang dia lakukan dengan segenap hatinya. Ya, seperti itu lah seharusnya seorang seniman. Dengan lapang dada menerima saran, tapi jika dibully maka katakan pada mereka “ini karyaku, mana karyamu?”.

Subjek favorit Viktoria adalah dongeng, sihir, dan sedikit mistisisme. Dia mengatakan  bahwa dia terinspirasi oleh cerita masa kecil dan kartun Disney favoritnya, dan Anda dapat melihat itu dengan jelas dari karyanya. Tokoh untuk karya seninya seringkali adalah putri, anak-anak dan hewan. Tapi terkadang, adegannya juga menampilkan makhluk gelap seperti hantu, vampir, setan dan penyihir. Seram juga ya?

Saat mengolah gambar-gambarnya, dia sering menggunakan stock photo (free) untuk kompositnya. Tapi rupanya Viktoria merasa sudah cukup lama untuk menggunakan foto-foto itu sebanyak mungkin. Di masa depan, dia berencana untuk mengumpulkan stock photo miliknya sendiri. Sehingga dia bisa menunjukan bahwa sumber karyanya “sepenuhnya miliknya sendiri.”

Mungkin Anda akan bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkannya untuk menciptakan satu seni digital seperti ini? Rata-rata, dia mengatakan satu gambar membutuhkan waktu 3-5 hari jika Anda mempertimbangkan waktu untuk menemukan foto yang tepat. Seringkali, ini juga merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Inilah karya Viktoria yang lain:

Viktoria Solidarnyh adalah seniman digital berusia 29 tahun dari Kirovskoe, Ukraina. Dia dididik secara formal sebagai desainer, dan dia sangat menyukai seni digital (digital art). Jika Anda ingin melihat lebih banyak pekerjaannya, Anda bisa menemukannya di Deviant Art,  Instagram, atau Flickr.