×
Lensa proyektor 70 thn Bokeh Swirly ekstrim menyaingi Leica
Blognews

Lensa Proyektor 70 Thn Ini Menciptakan “Bokeh Swirly” Menyaingi Leica $7K

Lensa yang aneh dan gila, predikat itulah yang pantas menurut Mathieu Stern untuk menyebut lensa tua ini. Mathieu tampaknya menemukan beberapa lensa yang paling tidak biasa yang pernah ada, dan kemudian membuatnya cocok dengan kamera mirrorless Sony miliknya. Untungnya bagi kami, dia memposting gambar dan video yang diambil oleh lensa tersebut ke YouTube.

Menurutnya, ini lensa istimewa yang sangat manis. Lensa proyektor Carl Zeiss Kipronar 120mm f/1.9 yang harganya hanya $70. Lensa ini tetap terbuka lebar di f/1.9 dan tidak pernah dimaksudkan untuk digunakan dalam memotret foto. Tapi Mathieu mampu mengadaptasinya. Dia mengatakan, yang paling dekat yang bisa dia temukan untuk setara lensa modern saat ini adalah Leica APO-Macro_Summarit-S 120mm f/2.5.

Ini lensa yang murah, tetapi sangat langka, dan Anda harus menjadikan lensa ini pemimpin dalam koleksi lensa fokus manual Anda. Tentang lensa, Mathieu memberi catatan berikut:

  • Berat sekali
  • Tidak ada rentang aperture, jadi Anda memotret pada f/1.9 setiap saat
  • Focus helicoid berada di dasar lensa, bukan ujungnya
  • Pada bukaan f/1.8 sangat sulit untuk nail focus pada video

Mathieu menggambarkan karakter lensa ini sangat tajam di bagian tengah dan akan swirly hingga menuju ke tepi. Anda harus ahli dalam fokus manual untuk menggunakan lensa seperti ini.

Tampilannya sangat keren, meskipun Mathieu bilang jangan bertanya ke Amazon untuk membelinya. Tentu, lensa ini tidak diproduksi lagi dan sangat langka. Jadi, satu-satunya jalan Anda harus berburu lensa tua.