×
Tracks of Time Oleh Matthew Malkiewicz
Blognews

Lost Tracks of Time: Seri Foto Kereta Api Oleh Matthew Malkiewicz

Awan raksasa dari uap yang mengepul keluar dari cerobong asap mesin berdering raksasa adalah adegan yang kuat untuk sejarah mesin tua yang sangat indah diabadikan dalam seni fotografi. Ini tentang gambar-gambar klasik dari kereta tua yang menakjubkan oleh Matthew Malkiewicz. Ia adalah sang fotografer di balik seri foto “Lost Tracks of Time“. Mari kita lihat bagaimana semangat perjalanan Matthew bepergian dalam rangka mencari kereta antik.

Matthew adalah seorang fotografer otodidak yang bekerja paruh waktu sebagai seorang insinyur. Dia juga menyukai memancing dan traveling. Saat bepergian, ia mencari kereta tua di seluruh Amerika Serikat dan memotret semua kereta tersebut ketika beroperasi.

Dia menjelaskan bahwa minatnya pada kereta dimulai sejak masih anak-anak. “Saya memiliki foto saat diri saya menonton kereta mainan berjalan di sekitar pohon Natal ketika saya masih bayi, pasti hal itu berkaitan sangat baik dengan diri saya… dalam usia remaja, saya memilki kamera pertama saya yang saya bidikkan pada setiap kereta yang saya lihat” Ungkap Matthew.

Pada tahun 2005, ia membeli kamera digital pertamanya dan memulai seri foto objek kereta api ini. Sejak awal Matthew memiliki passion yang cenderung menyukai mesin-mesin tua, termasuk juga kereta api yang antik.

Foto anak kecil di atas adalah foto favorit Matthew. Anak kecil yang menonton kereta melaju, sebuah peristiwa yang murni tidak disengaja, berada di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat, siap dengan peralatan yang tepat pula. Lokasi foto di atas lumayan jauh, berada di Rocky Mountains, Colorado. Sedangkan anak itu adalah anak dari salah satu awak kereta api. Semua benar-benar di luar rencana dan tanpa latihan ataupun instruksi anak itu melangkah di depan Matthew dan duduk di rel untuk menonton kereta yang akan melintas. Matthew merasa itu momen yang terbaik karena semua itu spontanitas.

Tas kamera yang dibawa Matthew waktu itu hanya berisi 3 peralatan: Canon 5D-MKIII + lensa zoom 70-200mm f/4.0, Canon 5D MkII + lensa zoom 24-70mm f/2.8, dan Canon EOS-1Ds dengan + lensa prime 50mm f/1.4. Karena kotor, berminyak, berasap, dan sering kali lembab, sepertinya Matthew sengaja membawa 3 kamera yang masing-masing sudah terpasang lensa, karena ia memilih untuk tidak mengganti lensa di lapangan dengan kondisi yang dapat beresiko pada gearnya. Lagipula, membawa 3 kamera siap pakai dapat memberi ia banyak fleksibilitas dan fungsionalitas, serta menjaga internal kamera tetap bersih. Matthew Malkiewicz seorang fotografer yang memanfatkan ambient-light yang memotret hanya dengan cahaya alami. Dia tidak memiliki lampu apapun untuk digunakan dalam seri fotonya.

Baca juga:

Untuk post-processing, Matthew merasa hanya sebagian hobi saja dihabiskan dengan kamera di tangan, sementara lainnya dilakukan depan komputer menggunakan Photoshop. Waktu yang dihabiskan untuk pengolahan gambar adalah rata-rata satu jam /frame. Berikut beberapa foto Matthew:

Semua foto di atas memiliki Hak Cipta © Matthew Malkiewicz. Mohon kiranya pengunjung sekalian tidak mengkomersilkan foto di atas tanpa izin pemiliknya.

Kelasfotografi.com - Tutorial fotografi, tips trik, olah digital, review kamera dan lensa, inspirasi, dan info menarik lainnya. Terima kasih telah menjadi pemirsa kami.