×
Cara Memperbaiki Foto Yang Tidak Fokus Menggunakan Photoshop
Olah Digital

Cara Memperbaiki Foto Yang Tidak Fokus Menggunakan Photoshop

Fokus dan tidaknya sebuah foto merupakan masalah umum yang dialami oleh semua kalangan fotografer. Hanya saja bagi mereka yang ingin “profesional” akan terus berusaha meminimalisir masalah ini dengan memperbaiki faktor penyebabnya baik secara teknis maupun teknik.

Secara teknik, area titik fokus yang diprioritaskan pada objek manusia adalah area “mata”. Sebagus apapun komposisi foto Anda jika pada area mata tidak fokus atau bahkan secara keseluruhan tidak ada yang fokus maka foto seperti itu dianggap gagal.

Untung saja ada beberapa aplikasi handal yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki masalah fokus pada sebuah foto. Cara ini sangat berguna terutama bagi mereka yang mencari nafkah dengan jasa fotografer. Untuk profesi seperti itu tentunya Anda harus bisa memberikan kualitas yang terbaik sekalipun menggunakan bantuan software seperti photoshop. Karena bagaimanapun juga masalah pada fokus tetap saja selalu ada.

Berikut tips dari saya untuk memperbaiki masalah foto yang tidak fokus menggunakan photoshop:

1. Sebagai percobaan silahkan gunakan foto di bawah ini. Foto tersebut salah satu foto yang gagal karena semua area pada foto tidak ada yang fokus. Silahkan download dulu fotonya.

[ Download sample gambar ]

2. Setelah foto di atas didownload, sekarang jalankan photoshop. Masukkan foto tersebut pada photoshop.

3. Kemudian silahkan pilih menu Filter pada photoshop, lalu pilih menu Sharpen > Smart Sharpen. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini:

4. Selanjutnya perhatikan lagi gambar di bawah dan ikuti pengaturan sesuai petunjuk pada gambar tersebut. Pada Amount saya beri nilai 100 dan pada Radius saya beri nilai 3,0. Sedangkan untuk Remove biarkan saja pada posisi itu. Jika Anda belum puas dengan hasilnya maka silahkan Anda ubah nilai pada Amount dan Radius sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi saya lebih menekankan Anda untuk hanya merubah nilai pada Radius saja untuk menghindari noise yang tebal pada foto. Kalau sudah selesai, klik tombol Oke.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna juga tergantung dari tingkat masalah fokus pada foto. Jika masalah fokusnya terlalu parah kemungkinan Anda hanya bisa mengurangi cacatnya saja. Tapi jika masalah fokusnya cuma sedikit maka sangat besar peluangnya untuk mendapatkan hasil yang bagus dengan fokus yang kembali normal.

Coba Anda perhatikan kedua foto di atas. Setidaknya untuk hasil perbaikannya jadi lebih enak dipandang. Dan jika dibandingkan dengan foto sebelumnya tentu hasilnya jauh berbeda.

Sebelum saya akhiri artikel ini saya ingatkan bahwa solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah fokus adalah tidak lain dengan memperbaiki teknik Anda dalam memotret dan juga termasuk memanfaatkan beberapa alat pendukung seperti tripod atau menggunakan lensa dengan fitur anti getar (IS, VR, VC).

Untuk melengkapi pembahasan ini, silahkan baca artikel tentang 3 level penajaman (lihat di sini) yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas gambar Anda.