×
Aplikasi Kreatif Teori Warna Dalam Fotografi Landscape 06
Olah Digital

Penerapan Kreatif Teori Warna Dalam Fotografi Landscape

Menyederhanakan Palet Anda untuk Mengurangi Gangguan

Photo Credit © Erin Babnik

Meskipun adegan senja di atas dimulai dengan palet yang relatif dingin (nuansa biru untuk warna “cool”), masih ada cukup kehangatan dan saturasi di area tertentu untuk membuat mereka memisahkan komposisi dan untuk bersaing dengan tekstur halus. Menyederhanakan palet membantu menekankan komposisi zig-zag gambar serta riak halus dan latar belakang yang bertekstur.

Ketika berbagai macam warna tersebar di sekitar gambar, mereka cenderung saling bersaing untuk mendapatkan perhatian pemirsa, menyebabkan foto menjadi kurang berdampak dan terlihat “sibuk”. Foto yang berdampak adalah foto di mana beberapa fitur atau kualitas gambar diuraikan dengan jelas dan menarik pemirsa untuk lebih menghargainya. Ini seperti elemen yang berbeda, area yang ditekankan, atau pola keseluruhan yang menonjol, tetapi apa pun itu akan mendapatkan kekuatan visual berdasarkan keunggulannya. Pola cenderung menonjol lebih jelas ketika bentuknya tidak harus bersaing dengan warna, dan hal yang sama berlaku untuk masing-masing elemen atau area. Oleh karena itu, menyederhanakan palet warna dapat membantu untuk tidak menekankan area yang kurang penting dan karenanya memungkinkan fitur foto yang paling menarik untuk monojolkan frame Anda.

Tips Pengolahan: Cari warna apa pun dalam gambar Anda yang tidak diulang di area lain dalam gambar. Jika ada warna ganjil di mana saja dalam gambar, tanyakan pada diri Anda apakah ini adalah bagian penting dari foto atau justru mengganggu? Warna ganjil akan menuntut perhatian dan akan menjadi gangguan jika tidak berada di area di mana Anda ingin mata berlama-lama, sehingga biasanya merupakan pilihan yang efektif untuk menghilangkan warna yang mengganggu, tidak peduli betapa cantiknya warna itu sendiri.

Solusi untuk ‘penghapusan’ meliputi:

  • Desaturasi (pengurangan) warna
  • Merubah warna ke warna yang lebih dingin
  • Penggelapan area
  • Mengubah warna agar cocok dengan elemen lainnya dalam gambar
  • Crop atau keluarkan elemen pengganggu sepenuhnya

Menjaganya tetap Alami: Mengedit Warna Secara Selektif untuk Naturalisme yang Lebih Baik

Photo Credit © Erin Babnik

Untuk foto di atas, Erin menargetkan banyak area terpisah dari gambar untuk meratakan warna-warna yang dihamburkan oleh tonal adjustments. Langit sendiri memiliki lima area kecil yang berbeda, yang menjadi terlalu tidak alami dalam saturasi atau corak warna yang sederhana melalui single adjustment ke seluruh langit, dan masing-masing area tersebut membutuhkan penargetan sendiri dan perlakuan khusus untuk membuatnya serasi.

Dalam upaya mencapai tujuan apa pun yang disebutkan di atas, sangat mungkin Anda menggunakan warna yang tampak tidak alami atau melebihi ambang batas pribadi untuk stilisasi. Kadang-kadang upaya untuk menyesuaikan satu warna akan membuang yang lain dalam gambar, dampak umum dari penyesuaian global. Palet yang sangat bergaya dengan warna yang tidak alami dapat memiliki semacam daya tarik khusus untuk beberapa pemirsa, tetapi satu warna aneh dalam gambar landscape alaminya biasanya akan mengurangi daya tarik foto. Jika pengeditan Anda menyebabkan warna menjadi “menipu”, Anda harus menargetkannya secara selektif untuk perlakuan khusus.

Baca juga:

Tips Pengolahan: Ada berbagai pilihan untuk mengedit warna secara selektif di Adobe Lightroom, Photoshop, atau aplikasi serupa. Membuat mask di Photoshop memberikan paling banyak kontrol, terutama yang didasarkan pada nilai warna atau luminansi dalam sebuah gambar, seperti mask luminosity.

Terlepas dari apakah Anda menggunakan mask atau tidak, opsi berikut ini sangat berguna untuk mengedit warna tertentu:

  • Panel HSL (Camera Raw / Lightroom)
  • Layer penyesuaian Selective Color (Photoshop)
  • Layer penyesuaian Hue/Saturation diatur berdasarkan satu warna daripada pengaturan “Master”. (Photoshop)
  • Pengaturan Curves diatur ke channel warna tunggal daripada gabungan semua channel (Lightroom dan Photoshop)

Kelasfotografi.com - Tutorial fotografi, tips trik, olah digital, review kamera dan lensa, inspirasi, dan info menarik lainnya. Terima kasih telah menjadi pemirsa kami.