×
Pengertian Focal Length Dalam Fotografi
Pemula

Pengertian Focal Length Dalam Fotografi

Kembali1 of 2

Mungkin agak telat saya menulis pembahasan ini, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali, benar gak? Karena banyak pengunjung blog yang masih bingung dan bertanya tentang focal length. Jadi artikel ini mewakili jawaban kongrit atas pertanyaan Anda semua.

Focal length ini letaknya pada lensa dan secara teknis berhubungan langsung dengan optik. Bila diterjemahkan artinya “panjang fokus”. Tapi saya tidak pernah menggunakan istilah tersebut karena ini riskan, bisa membuat pembaca keliru. Dan pembahasan soal fokus telah saya tempatkan pada materi yang berbeda.

Apa Itu Focal Length?

Sederhanya bahwa focal length dari sebuah lensa adalah kemampuan lensa dalam menjangkau dan melihat adegan. Sedangkan yang dimaksud dengan “adegan” adalah apa yang akan ditangkap oleh kamera dan dikenal juga sebagai “bidang pandang (field of view)”. Focal length ini ditulis dalam satuan milimeter (mm) seperti 10mm, 22mm, 50mm, dll. Adapun cara kerja focal length pada lensa kira-kira seperti ini:

* Semakin PENDEK focal length, semakin JAUH adegan dari jangkauan lensa, tapi semakin LUAS adegan yang dapat dilihat oleh lensa.
* Semakin PANJANG focal length, semakin DEKAT adegan dari jangkauan lensa, tapi semakin SEMPIT adegan yang dapat dilihat oleh lensa.

Kalau Anda masih bingung dengan penjelasan saya di atas, coba Anda perhatikan gambar di bawah ini:

Setiap gambar di atas merupakan hasil jangkauan dari focal length yang berbeda-beda. Adapun yang menjadi subjek utama dalam semua gambar adalah kumpulan bambu yang berdiri di atas tanah. Gambar pertama (kiri atas) dihasilkan oleh focal length 28mm sehingga subjek dalam adegan masih terlihat jauh. Sedangkan gambar terakhir (kanan bawah) menunjukan sebaliknya, subjek dalam adegan terlihat sangat dekat karena dihasilkan oleh focal length yang lumayan panjang yaitu 210mm.

Jadi jika Anda bertanya-tanya mengapa sebuah lensa dapat melakukan zoom sehingga yang tadinya adegan terlihat jauh bisa bertahap menjadi lebih dekat? Karena lensa seperti itu menyediakan pilihan focal length mulai dari yang pendek sampai yang panjang, contohnya lensa kit 18-5mm. Lensa kit merupakan lensa yang dijual satu paket bersama kamera, di antarannya yang paling umum adalah lensa zoom standar 18-55mm. Kalau Anda baru saja membeli kamera DSLR, coba periksa lensa Anda sekarang, apakah di situ ada keterangan 18-55mm? Jadi pada lensa kit ini Anda dapat memilih focal length mulai dari focal 18mm sampai ke focal 55mm. Paham?

Adapun perpindahan focal length lensa dari pendek ke panjang disebut zoom in, sedangkan perpindahan focal length dari panjang ke pendek atau kembali ke posisi semula disebut zoom out. Oleh sebab itu sebuah lensa yang memiliki focal length lebih dari satu (misalnya Canon 18-55mm) dinamakan sebagai ‘lensa zoom‘. Sedangkan lensa yang hanya memiliki satu focal length saja (misalnya Canon 50mm) dinamakan sebagai ‘lensa prime‘ atau ‘lensa fix‘.

Lensa kit zoom Canon EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM (kiri) dan lensa prime Canon EF-S 50mm f/1.8 STM (kanan)

Perlu Anda ingat juga bahwa lensa kamera dikategorikan berdasarkan focal length. Lensa dengan focal length pendek secara umum disebut lensa ‘wide‘, sedangkan lensa focal length panjang disebut lensa ‘tele‘ atau ‘telephoto‘. Itu hanya sebutan umum, karena secara spesifik kategori lensa bukan hanya wide dan tele saja, masih ada kategori lain seperti ultra-wide atau long-telephoto. Untuk lebih lengkap mengenai kategori lensa sebaiknya Anda baca di sini artikelnya.

Kembali1 of 2