×
9 Komposisi Foto Landscape oleh Toma Bonciu 08
Pengembangan

9 Komposisi Foto Landscape Oleh Toma Bonciu

Pemahaman polos fotografer pemula terkadang menganggap remeh fotografer landscape. Seolah itu hanya sekedar menangkap pemandangan tercakup di dalamnya elemen-elemen yang menarik, gunung yang fenomenal, langit yang merah, pantai yang indah, taman dengan bunga yang bermekaran atau musim gugur, tapi semua itu bisa menjadi “gagal” bila tidak memenuhi unsur fotografi di dalamnya. Jika ingin maju dalam fotografi, kita harus banyak berbicara kaidah dan pedoman.

Fotografer Toma Bonciu (AKA Photo Tom) membuat video 10 menit untuk 9 tips komposisi dan aturan yang dapat Anda gunakan dalam mengambil foto landscape atau pemandangan yang lebih efektif.

Pedomannya terutama adalah cara untuk mengarahkan mata pemirsa ke titik dan bidang minat (POI) dalam bingkai dan hal-hal yang dapat Anda ingat saat membidik pemotretan di alam terbuka.

Berikut adalah 9 komposisi yang dibahas oleh Bonciu dalam video di atas:

1. Komposisi: Fill the Frame

2. Komposisi: Centered

3. Komposisi: Color Spot

4. Komposisi: Negative Space

5. Komposisi: Leading Lines

6. Komposisi: Left to Right

7. Komposisi: Depth

8. Komposisi: View Point

9. Komposisi: Zig Zag

Anda yang pemula mungkin akan bingung dengan tiap-tiap komposisi di atas. Sebenarnya kami telah membahas rincian masing-masing komposisi yang umum digunakan. Silahkan baca di sini artikelnya.