Langkah-Langkah Cara Menghilangkan Jamur Pada Lensa – KELASFOTOGRAFI.COM
Terhubung Dengan Kami

Pengembangan

Langkah-Langkah Cara Menghilangkan Jamur Pada Lensa

Back1 of 3

Salah satu masalah yang bisa membuat fotografer frustasi itu adalah ketika ia menemukan jamur tumbuh pada elemen-elemen internal lensa mereka. Ini tidak main-main. Jamur pada lensa umumnya ditemukan pada lensa tua. Tapi masalah ini tidak pilih merek, kualitas, dan lensa mahal sekalipun bisa berpotensi terserang jamur jika tidak dirawat dengan baik. Seperti lensa yang terus berada di tempat yang lembab dalam waktu yang sangat lama, maka jamur-jamur buruk yang ditakuti mungkin akan muncul di lensa Anda.

Saya sudah membahas ini dengan banyak orang yang pernah mengalami masalah tersebut. Mereka melakukan berbagi upaya untuk mencoba membersihkan jamur keluar dari lensa, dengan menggunakan berbagai alat pembersih lensa. Namun ada beberapa hal yang harus Anda ingat: Anda tidak dapat menghapus jamur dengan larutan pembersih lensa yang standar. Alkohol, cairan ringan, dan etanol tidak bekerja dengan baik untuk masalah ini. Begitupula dengan campuran minyak siku yang dikombinasikan dengan solusi di atas, hanya akan mengakibatkan “goresan” dan kerusakan lapisan (coating) pada lensa Anda. Pada akhirnya Anda semakin frustrasi.

Pada artikel ini, saya ingin berbagi dengan Anda tips sederhana untuk cara menghilangkan jamur dari lensa tanpa resiko merusak lensa itu sendiri. Jika Anda bersedia dan berani melalukan tips ini, kemudian Anda berhasil, maka Anda bisa menggunakan tips ini untuk membersihkan lensa-lensa jadul dari kamera tua agar bisa digunakan kembali. Apakah Anda tertarik?

Kalu Anda setuju maka mari kita sepakati hal berikut: Saya tidak bertanggung jawab jika Anda lalai saat membersihkan lensa dan menyebabkan lensa Anda rusak. Jika Anda ragu, sebaiknya tinggalkan artikel ini dan serahkan pembersihan lensa pada ahlinya. Sepakat?

1. Alat Yang Dibutuhkan

Berikut adalah daftar alat dan bahan yang Anda perlukan untuk membantu Anda melakukan pekerjaan ini:

  • Lens Spanner: Ini adalah alat (kunci pas) khusus untuk membongkar lensa. Alat ini sudah tersedia di Indonesia, bahkan Anda bisa membelinya di lapak online (cek di sini).
  • Obeng JIS: Untuk lensa buatan Jepang, Anda memerlukan seperangkat obeng JIS (Japanese Industrial Standard). Model kepala pada obeng ini mirip dengan obeng standar yang sering kita lihat, tapi alat ini sedikit berbeda. Sekrup tipe JIS memiliki kedalaman dan bentuk yang unik, sehingga dikhawatirkan akan merusak sekrup lensa jika Anda membuka lensa menggunakan obeng biasa. Silahkan cek di sini alatnya.
  • Lampu: Untuk membersihkan lensa, sangat ditekankan untuk Anda melakukannya dalam ruangan tertutup, karena dikhawatirkan debu atau kotoran masuk ke dalam lensa. Dan karena ini di dalam ruangan, sehingga tidak cukup jika hanya mengandalkan lampu ruangan saja. Gunakan juga bantuan lampu belajar atau apa saja yang bisa membantu pekerjaan Anda.
  • Piring Makan: Mungkin menurut Anda ini tidak ada hubungannya. Piring makan yang bersih dan steril dibutuhkan untuk meletakkan perangkat-perangkat sensitif dari lensa kamera.
  • Mangkuk Kecil: Selain piring, mangkuk juga diperlukan untuk merendam perangkat yang akan dibersihkan.
  • Pinset: Yang jelas ini bukan untuk mencabut bulu ketek. Teknisi portable selalu membutuhkan alat ini, begitupula dalam tips ini. Tapi ingat, pinset juga harus steril.
  • Sarung Tangan Nitril: Anda memerlukan sarung tangan nitril agar tangan Anda selalu kering untuk mencegah jari-jari Anda meninggalkan bekas pada permukaan elemen lensa.
  • Kacamata Pelindung: Ini dianjurkan untuk menjaga kerusakan pada mata ketika mata sedang berfokus serius pada perangkat-perangkat kecil dari lensa kamera.
  • Hidrogen Peroksida: Sediakan juga bahan ini. Anda bisa membelinya di Apotik.
  • Amonia: Untuk amonia, usahakan agar Anda membeli amonia yang tidak memiliki wewangian. Karena zat aroma yang ditambahkan dikhawatirkan memiliki potensi merusak elemen lensa yang dibersihkan.
  • Cotton Ball: Sediakan juga bola kapas atau cotton ball.
  • Kain Mikrofiber: Kain mikrofiber khusus pembersih lensa bisa Anda temukan di toko-toko elektronik. Tapi ingat, jangan gunakan yang bekas pakai, sebaiknya sediakan kain mikrofiber yang masih baru.

2. Membongkar Lensa

Dalam artikel ini, saya akan mengambil contoh dari pembersihan lensa tua “Konica Hexanon AR 40mm f/1.8“. Lensa jadul ini memiliki jamur yang parah pada pada elemen belakang lensa. Ini adalah contoh kasus yang sangat buruk, karena jamur yang tumbuh di bagian itu akan benar-benar mempengaruhi kualitas gambar. Jamur tidak berada di luar dari elemen belakang, tapi di antara dua elemen dalam lensa. Masalah seperti ini biasanya tidak begitu nampak kecuali jika Anda melihatnya di bawah cahaya yang terang. Ini pengalaman yang harus Anda ingat ketika memeriksa lensa bekas yang akan dibeli.

Baik, mari kita mulai membersihkan. Gunakan obeng JIS Anda untuk melepaskan sekrup yang mengunci mount lensa. Dalam kasus ini, ada 4 sekrub menempel pada mount lensa yang harus dilepas terlebih dahulu.

Back1 of 3

Lanjut Membaca
Advertisement

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha kami menyusun semua artikel di blog Kelasfotografi.com.

Kategori #Pengembangan

To Top