×
Review

Komparasi: Sony a7R III vs Sony a7 III vs Nikon D850

Sony a7R III, Sony a7 III, dan Nikon D850 telah membuat gelombang besar di tahun ini dan berada dalam perbincangan untuk kamera terbaik yang dapat Anda beli saat ini.

Sayangnya, Canon tidak muncul ke pentas dan belum membuat kamera yang bersaing beserta ketiga kamera ini. Sony telah benar-benar meningkatkan permainan mereka tahun ini dan dalam beberapa tahun terakhir, menghasilkan kamera fotografi dan video yang sangat lengkap.

Mari kita lihat mana yang akan menang!

Mirrorless vs DSLR

Dalam kategori crossover DSLR full-frame, $3,200 untuk a7R III, $2,000 untuk a7 III, dan $3,300 untuk D850 adalah kamera yang muncul dalam perbincangan. Tes dalam video di atas akan menentukan mana yang merupakan pemenang yang jelas dan untuk alasan apa audiensi memilih setiap kamera diciptakan.

Ada pertimbangan tertentu yang harus Anda buat, dan titik harga dari a7 III mungkin mampu memenuhi kebutuhan banyak orang. Apakah resolusi ekstra pada a7R III seimbang dengan harga yang ekstra? Itu satu pertanyaan besar. Begitu juga untuk dynamic range, ISO range, dan kualitas gambar.

Nikon dibuat dengan sangat baik dan telah bertahan dalam tantangan masa. Mereka adalah kamera kecil yang hebat yang dapat Anda bawa kemana saja dan berkat faktor bentuknya yang terasa hebat di tangan. Sony masih baru dalam permainan ini sehingga kami tidak dapat mengatakan dengan pasti seberapa baik body-body kamera ini akan bertahan dalam tantangan masa, tetapi mereka benar-benar penuh dengan fitur, yang merupakan sesuatu yang layak diunggulkan.

Jadi, tanpa kata perpisahan lebih lanjut, mari kita mulai!

Percobaan Autofocus

Untuk tes ini, melibatkan seorang talent berjalan ke arah fotografer dan mengambil serangkaian gambar untuk menguji apakah kamera dapat mengikuti perubahan jarak subjek. Kamera menembak pada pengaturan f/2.8, 1/500s, ISO 200.

Nikon bertahan di atas Sony dengan cukup baik mengingat bahwa ia memiliki deteksi wajah, yang kami pikir akan berbeda dari deteksi mata Sony. Sementara A7 III melakukan yang terbaik dalam tes ini, yang mengejutkan mengingat itu adalah opsi termurah.

Percobaan Resolusi

Sekarang kami beralih ke kualitas gambar. Nikon dan Sony a7R III cukup dekat dalam hal megapixel sehingga mereka harus bertahan untuk gambar terbaik dalam tes ini. Kita akan melihat bagaimana a7 III dapat bertahan dengan hanya setengah megapiksel. Bagi orang yang memotret fotografi fashion atau landscape, resolusi akan lebih penting dan bisa menjadi faktor penentu Anda.

Kami akan melihat gambar-gambar ini dengan 100% dan 400% untuk benar-benar melihat kamera mana yang menangkap paling detail.

Melihat gambar-gambar ini diperbesar pada 200%, Sony a7R III adalah pemenang yang datail. Tapi a7 III tidak terlalu buruk mengingat ia memiliki setengah megapiksel seperti dua kamera lainnya.

Kami pikir umumnya Sony terlihat sangat baik karena tidak memiliki filter low-pass seperti pada sensor yang dimiliki Nikon.

Sekarang melihat mereka berdampingan, Anda harus bertanya-tanya apakah ekstra 20MP layak menghabiskan ribuan dolar?

Percobaan ISO

Sony A7 III mengungguli Nikon dan Sony a7R III dalam percobaan di cahaya rendah. Ini adalah pemenang yang pasti ketika memotret dalam cahaya rendah. Jadi jika Anda membutuhkan kamera yang bisa melakukan itu, a7 III yang merupakan salah satu kandidat untuk Anda.

Dalam tes ini, terlihat tingkat noise di setiap gambar saat ISO dinaikkan. Sepertinya a7 memiliki sekitar 1 stop atau lebih pada a7R III. Nikon memiliki noise paling keras dari kompetitornya. Tetapi warna dan eksposur konsisten di seluruh layar. Sesuatu yang tidak bisa kami jelaskan tentang Sony.

Tes Pemulihan Eksposur

Secara umum, kamera digital berfungsi lebih baik saat under exposure. Ketiga kamera ini tidak berbeda dalam hal tersebut. Dalam pengujian yang over exposure, a7 III memberikan yang terbaik, tetapi kami mulai melihat beberapa pergeseran warna.

Sekali lagi, Nikon melakukan dengan baik dalam hal menjaga setiap eksposur yang konsisten.

Komparasi Efek Picture Profiles

Picture Profiles dan gambar yang dihasilkan darinya baik untuk diketahui jika Anda memotret dengan RAW atau jenis pekerjaan video apa pun. Sony memiliki profil S-Log 3 yang sangat baik yang terlihat seperti efek pancake flate. Nikon hanya memiliki profil gambar flate yang mungkin kita bisa mengatakan sama sekali tidak flate.

Untuk penggunaan video, Nikon kurang dalam kategori ini. Jadi pertimbangkan ini jika Anda ingin menggunakan kamera ini sebagai kamera video.

Kesimpulan

Nikon terus berpacu dengan Sony. Sepertinya Nikon berjuang untuk bersaing dengan fitur-fitur yang kuat dari Sony tetapi unggul dalam hal gambar yang konsisten.

Sony A7 III melakukan pekerjaan yang fenomenal mengingat ia adalah opsi termurah dalam kategori ini. Untuk harga, tidak ada kamera di luar sana yang bersaing dengan a7 III. Dan Anda dapat menggunakan sisa anggaran Anda dari $2.000 untuk membeli lensa tambahan.