×
Review Adapter Lensa Novoflex Untuk Lensa Nikon ke DSLR Canon 04
Review

Review Adapter Lensa Novoflex Untuk Lensa Nikon ke DSLR Canon

Adapter ini dikenal juga dengan nama “Novoflex EOS/NIK-NT“. Adapter Novoflex dirancang untuk digunakan secara khusus dengan lensa Nikon G yang tidak memiliki cincin aperture. Meskipun sebagian besar adapter lensa generik dapat dengan mudah digunakan dengan lensa Nikon non-G yang lebih lama dan Anda dapat dengan mudah mengontrol diafragma dengan hanya memutar cincin aperture pada lensa, tidak ada cara untuk mengontrol aperture pada semua lensa tipe “G” modern dengan adapter. Jadi jika Anda menggunakan adapter lensa generik, Anda akan dibatasi untuk memotret pada aperture minimum lensa (default) dan tidak akan ada cara fisik untuk menyesuaikannya saat lensa terpasang ke kamera. Untuk memungkinkan perubahan bukaan aperture manual pada jenis lensa ini, Novoflex secara khusus merancang adapter dengan tuas bukaan. Dalam ulasan ini, kami akan berbicara tentang pro dan kontra menggunakan adapter Novoflex untuk memungkinkan lensa Nikon pada DSLR Canon, berdasarkan referensi dari pengalaman beberapa analisis fotografi.

Harap perhatikan bahwa ulasan ini bukan untuk pemula, ini ditujukan untuk fotografer tingkat lanjut yang ingin membeli adapter merk ini. Jika Anda tidak mengerti mengapa Anda ingin menggunakan adapter, silakan baca artikel kami tentang “Cara Menggunakan Lensa Nikon Pada Kamera Canon“.

1. Fitur Adapter Novoflex

Adapter Lensa Novoflex untuk Nikon ke Canon memiliki fitur dan batasan berikut:

  • Adapter Mount: Nikon F ke  Canon EF
  • Lens Compatibility: Semua mount lensa Nikkor F  (AI, AI-S, AI-P, tipe D, tipe G)
  • Nikon G Type Lens Aperture Control: Yes
  • Autofocus: No
  • Autofocus Confirmation: No
  • Vibration Reduction Support: No
  • AE Metering: No
  • Lens EXIF Info: No
  • Metering: Yes

2. Pemasangan, Penanganan dan Penggunaan

Memasang adapter Novoflex adalah proses yang sangat mudah. Pertama, Anda memasang adapter ke lensa Nikon Anda terlebih dahulu, kemudian memasang lensa ke kamera. Jangan lakukan sebaliknya, karena Anda tidak akan dapat mengamankan adapter sepenuhnya di tempat pasangnya. Sejajarkan titik merah pada adapter dengan titik putih lensa dan putar hingga berbunyi klik. Selanjutnya, sejajarkan titik merah pada adapter dengan titik merah pada DSLR Canon Anda dan pasang lensa seperti biasa. Pada titik ini, baik lensa dan adapter harus dikunci dengan aman, tetapi untuk berjaga-jaga, cobalah untuk memutar lensa dan pastikan bahwa tidak bergerak ke arah mana pun.

Jika Anda memiliki lensa Nikkor tipe “G” yang memiliki gasket karet di bagian belakang lensa untuk tujuan penyegelan cuaca, Anda akan mendapatkan sedikit gesekan. Novoflex merekomendasikan melepas gasket karet atau memotongnya untuk membuat tuas biru mudah dioperasikan. Tapi Anda boleh membiarkannya. Hanya saja Anda akan kesulitan mengubah bukaan pada lensa, tetapi dapat dikelola, setelah kekuatan yang cukup diterapkan. Jika kami hanya memotret dengan lensa Nikon pada body Canon atau jika kami tidak peduli dengan gasket karet, kami mungkin akan melepasnya untuk tujuan kenyamanan. Karena tidak ada gasket di bagian belakang adapter, debu berpotensi masuk ke kamera Anda. Bukan sesuatu yang menggembirakan sebenarnya, tetapi oh well, itulah harga untuk memasang lensa Nikon pada body Canon.

Berikut adalah penampakan adapter Novoflex bila dipasang ke lensa Nikon 50mm f/1.4G, dengan aperture terbuka lebar (f/1.4):

Baca juga:

NIKON D3S + 105mm f/2.8 @ 105mm, ISO 800, 1/80, f/8.0

Dan ini ketika aperture diperkecil sampai f/16:

Ada tiga indikator pada adapter yang menunjukkan ukuran bukaan aperture, yaitu: Besar (bukaan maksimum), Sedang dan Kecil (bukaan minimum). Berita buruknya adalah bahwa perubahan aperture merupakan proses yang sepenuhnya manual dan sama sekali tidak ada ketepatan untuk itu. Meskipun Anda dapat mengatur lubang maksimum dan minimum dengan memutar tuas kontrol biru hingga berhenti di kedua arah, mencapai lubang yang diinginkan di antaranya secara praktis tidak mungkin. Karena pengukuran dengan adapter Novoflex berfungsi dengan baik, kami harus menggunakan indikator pengukur cahaya untuk menebak di mana kami berada dalam hal f-stop. Jadi jika misalnya kami berada di kecepatan rana 1/2000 pada aperture maksimum f/1.4 dalam Mode Manual, untuk sampai ke f/5.6, kami harus terlebih dahulu menurunkan kecepatan rana sebanyak 4-stop, yaitu 1/125, maka kami akan memutar tuas sampai meteran berhenti di tempat yang sama seperti ketika kami memulai. Dan bahkan pada saat itu kami tahu bahwa kami tidak bisa sepenuhnya mengandalkan metering, aperture kami bisa saja berada di antara f/4 dan f/8.

Kami mengambil banyak gambar di lingkungan yang terkontrol untuk membandingkan ketajaman dan bokeh lensa antara lensa Nikon dan Canon. Itu adalah pengalaman yang agak membuat frustrasi, karena gambar dari lensa Nikon dengan adapter akan menjadi kurang terang atau terlalu terang. Kami harus menggerakkan tuas sedikit untuk mendapatkan eksposur yang kurang lebih dapat diterima.

3. Kualitas Produk Novoflex

Novoflex adalah perusahaan terkenal yang berbasis di Jerman. Produk mereka berkualitas sangat tinggi, begitu pula adapter Novoflex yang kami review sekarang ini. Ini terbuat dari logam keras yang tidak mengelupas potongan logam dan dirancang untuk bekerja dengan lensa Nikkor profesional yang berat seperti Nikon 14-24mm f/2.8G. Ketika mulai menyukai ke adapter, Anda selalu ingin memastikan untuk mendapatkan adapter full-metal berkualitas tinggi. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah memecahkan solusi untuk menggunakan kembali lensa Nikon klasik mahal Anda!

4. Kemasan dan Manual-Book

Adapter Novoflex hadir dalam kemasan plastik kecil dengan lens cap Canon dan buku petunjuk ringkas (manual-book):

Buku petunjuk ini mudah dimengerti dan memberikan beberapa informasi tentang cara memasang dan melepas adapter dengan benar.

5. Kesimpulan

Jika karena alasan apa pun Anda perlu memasang lensa Nikon tanpa cincin aperture ke DSLR Canon, adapter Novoflex adalah salah satu dari sedikit produk di pasaran yang dapat membantu Anda melakukan itu . Dengan tuas bukaan aperture khusus pada adapter, ia dirancang khusus untuk digunakan dengan lensa Nikon tipe “G” yang baru. Itu terbuat dari logam berkualitas tinggi yang tidak merusak pemasangan lensa atau kamera dan itu tidak mengelupas potongan logam kecil yang bisa beresiko pada sensor kamera Anda. Walaupun menggunakan adapter pada lensa Nikon yang lebih baru dengan gasket karet dapat menjadi pengalaman yang menyakitkan dan tidak ada cara untuk menyempurnakan bukaan yang tepat (kecuali untuk bukaan minimum dan maksimum), adapter lain memiliki masalah yang sama persis, sehingga sebenarnya bukan kesalahan produk atau desainnya.

6. Rekomendasi Adapter

Dua merek yang sangat kami rekomendasikan adalah Novoflex atau 16:9. Adapter yang dibuat oleh 16:9 pada dasarnya memiliki hal yang sama dengan Novoflex, kecuali Anda bisa mendapatkannya dengan chip yang dapat diprogram yang dapat memasok kamera Anda dengan panjang fokus dan informasi bukaan. Jika Anda hanya akan menggunakan lensa Nikkor yang lebih tua dengan cincin aperture, maka ada alternatif yang jauh lebih murah yaitu adapter dari Cinevate hanya $40 dan juga bekerja dengan sangat baik (full metal berkualitas tinggi).

Terakhir, sebelum kami menutup ulasan ini bahwa nilai untuk adapter Novoflex memiliki kualitas yang sangat bagus, handlingnya cukup, bobot dan ukuran sangat baik, dan kemasannya juga sangat baik.

Kelasfotografi.com - Tutorial fotografi, tips trik, olah digital, review kamera dan lensa, inspirasi, dan info menarik lainnya. Terima kasih telah menjadi pemirsa kami.