×
Lensa Super Telephoto Sony FE 400mm f2.8 GM OSS
Review

Lensa Super Telephoto Sony FE 400mm f/2.8 GM OSS

Sony baru saja meluncurkan lensa kelas G-Master (GM) yang telah lama ditunggu, Sony FE 400mm f/2.8 GM OSS. Ekosistem E-mount akhirnya memiliki lensa telephoto super cepat yang dirancang untuk fotografer olahraga dan satwa liar (wildlife), dan Sony a9 akhirnya memiliki sahabat terbaik.

Sony 400mm f/2.8 GM yang baru ini adalah lensa prime super telephoto pertama di jajaran E-mount. Sebelumnya memang ada lensa zoom Sony 100-400mm GM yang memiliki focal length maksimum yang sama (400mm), namun Sony 100-400mm memiliki aperture maksimum variabel yang sempit f/4.5-5.6, dibandingkan dengan aperture maksimum 400mm GM terbaru yang lebih besar f/2.8.

Lensa terbaru Sony 400mm ini menggabungkan kualitas optik dengan spesifikasi fisik yang mengesankan juga. Ini adalah lensa utama 400mm f/2.8 yang paling ringan di dunia (setidaknya untuk saat ini), dengan berat hanya sedikit lebih dari 6 pon (~ 2.7kg).

Berkat desain optik yang inovatif dengan pengurangan jumlah elemen optik dan komponen magnesium alloy, lensa ini “memberikan tingkat kemudahan untuk dibawah ke mana-mana dan manuver genggam yang belum pernah dicapai dalam lensa lain di kelasnya”, kata Sony. Ini juga tidak berat di bagian depannya, memungkinkan fotografer untuk lebih mudah menggeser lensa saat memotret, baik dengan genggaman tangan maupun menggunakan monopod.

Keunggulan pertama Sony 400mm GM yang adalah menggunakan dua XD (extreme dynamic) Linear Motors kecepatan tinggi untuk menggerakkan grup fokus dalam lensa, sangat meningkatkan kinerja pelacakan fokus pada subjek bergerak. Algoritma gerak khusus lensa juga membantu mengontrol tingkat noise sambil meminimalkan lag dan ketidakstabilan.

Ada beberapa kontrol yang ditemukan pada lensa, diantaranya focus-hold yang dapat disesuaikan di 4 titik, saklar Full-TIME DMF (untuk melakukan fokus manual), ring fokus dengan Linear Response MF (untuk fokus manual yang dikontrol secara halus) ), tiga mode optic stabilization yang berbeda (3 mode baru ini membantu membingkai subjek bergerak), dan sebuah ring fungsi dengan pengaturan “Preset” dan “Function” (yang pertama kalinya dalam lensa Sony).

Bagian belakang lensa memiliki slot filter drop-in yang menerima filter 40,5 mm dari berbagai jenis. Slot akan dilengkapi dengan “normal filter” yang sebenarnya adalah bagian dari desain optik lensa, jadi Anda akan selalu membutuhkan setidaknya beberapa jenis filter yang dimasukkan ke dalam slot agar lensa berfungsi.

Fitur dan spesifikasi lain Sony 400mm termasuk 3 elemen fluorit (yang meminimalkan penyimpangan chromatic dan menekan color bleeding), lapisan Nano AR (yang menekan refleksi, flare dan ghosting), lapisan fluorin (yang tahan debu dan bekas jari), 11 aperture blade model circular untuk bokeh creamy, kompatibel dengan teleconverter Sony 1,4x dan Sony 2x , dan Hood bahan serat karbon (yang kuat, ringan, dan tahan terhadap debu dan kelembaban).

Berikut adalah beberapa contoh foto resmi yang diambil menggunakan Sony 400mm f/2.8 GM OSS:

Berikut video 2 menit ikhtisar dari fitur lensa Sony 400mm terbaru ini:

Dan ini video 3,5 menit di mana fotografer olahraga Bob Martin dan Nick Didlick membagikan pemikiran mereka tentang penggunaan lensa:

Seperti yang diperkirakan, lensa sekaliber ini dengan fitur-fitur hebatnya tentu tidak murah. Lensa Sony FE 400mm f/2.8 GM OSS akan dibandrol dengan harga sekitar $12.000 yang akan mulai dikirim pada bulan September 2018 (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Anda dapat melakukan pre-order di website B&H dan Adorama.