×
Review

Review Tamron 28-75mm f/2.8 untuk Sony FE

Ketika Tamron mengumumkan FE 28-75mm f/2.8 Di III RXD baru, ia mengirimkan kabar gembira ke seluruh basis pengguna Sony. Dan ketika Tamron mengumumkan bahwa lensa tersedia hanya $799, sebagian besar pengguna Sony terkejut.

Dapatkah lensa Tamron senilai $799 itu bersaing dengan lensa $1,198 (saat ini $898 setelah rabat) Sony / Zeiss 24-70mm f/4? Bagaimana lensa FE pertama Tamron bekerja pada body kamera Sony? Untungnya kami bisa menemukan informasi salinan awal dari beberapa hari percobaan lensa ini.

Desain

Lensa 28-75mm f/2.8 memiliki 15 elemen dalam 12 grup, termasuk beberapa elemen XLD, LD, dan GM untuk membantu meminimalkan penyimpangan / aberasi. Focal terpendek 28mm untuk wide, itu adalah lensa kompak yang beratnya di atas 19 oz (0,54 kg) dan hanya berukuran 4,6 inci (11,7 cm) saat di 28mm. Sebagai perbandingan, Sony 24-70 f/2.8 GM memiliki berat 31oz (0.88kg), dan di bawah 5.5in (14cm) untuk panjangnya.

Desain lensa cukup sederhana, tanpa tombol switch AF / MF. Seperempat putaran ring zoom berbahan rubber akan dengan cepat memindahkan focal dari 28mm ke 75mm, dan ring fokusnya tipis yang dipangkas plastik berada tepat di belakang ring zoom. Tampilannya mirip dengan rilis lensa Tamron yang baru-baru ini dengan sentuhan hitam dan cincin champagne-gold kecil di sekitar pangkalan lensa.

Lensa ini dilengkapi motor penggerak RXD baru yang memungkinkan autofocus cepat dan akurat, yang mendekati silent, yang sangat bagus untuk pengguna video yang tidak ingin hanya mengandalkan fokus manual. Bagian belakang lensa memiliki segel di sekitar alas untuk daya tahan lembab, dan elemen depan memiliki lapisan yang membantu menghilangkan air dan minyak. Sementara lensa tidak terbuat dari logam seperti banyaknya lensa seri SP Tamron. Penggunaan polikarbonat bermutu tinggi memungkinkan Tamron untuk menjaga lensa seringan mungkin.

Sementara GM Sony memiliki jarak fokus minimum (MFD) 1,25 kaki, dan Sony / Zeiss memiliki jarak fokus minimum 1,3 kaki. Tamron MFD sendiri memiliki MFD 7,5 inci pada focal 28mm dan 15 inci pada focal 75mm. Itu berarti pada 28mm Anda dapat memotret objek yang hanya berjarak sekitar 2,5″ dari elemen depan lensa! Foto di bawah ini diambil pada 28mm dan pada jarak fokus terdekatnya (MFD).

Kompatibilitas

Banyak orang awalnya mempertanyakan seberapa baik Tamron akan bekerja pada kamera Sony. Kebanyakan pengguna Sony FE harus menggunakan adapter seperti Sigma MC-11 atau adapter lainnya untuk menembak dengan lensa third-party, namun konsekuennya sering kehilangan fitur-fitur tertentu. Beruntung bagi orang-orang ini, Tamron kompatibel dengan Sony’ Eye AF, DMF, Fast Hybrid AF dan fitur lens-correction tetap bekerja di kamera. Anda juga dapat memperbarui firmware menggunakan kamera (tapi tidak ada konsol Tap-In yang tersedia saat ini).

Laporan Penggunaan

Sebagian besar sample gambar untuk lensa Tamron 28-75mm f/2.8 ini menggunakan body Sony A7r III dan Sony A9. Terasa seimbang dengan bobot kamera saat lensa dizoom ke focal terpanjangnya 75mm. Ada beberapa contoh di mana kami berharap sampel gambar ini dihasilkan sedikit lebih lebar, tetapi sebagian besar foto yang diambil adalah antara 50-75mm. Kinerja dan akurasi AF dinilai setara dengan lensa Sony 24-70mm. Tamron ini berkerja seperti lensa asli Sony dan tidak memiliki beberapa penurunan ketajaman yang dilakukan lensa yang disesuaikan. Cepat dan responsif di sebagian besar mode yang diuji. Dalam pencahayaan yang sangat rendah, lensa kadang-kadang berusaha keras untuk menemukan fokus pada subjek yang gelap tetapi berhasil menemukannya setelah pemindaian cepat di seluruh rentang fokus.

Untuk penggunaan video, motor RXD baru bekerja seperti yang diiklankan dan sangat tenang (silent). Dalam situasi normal, mikrofon pada kamera tidak menimbulkan noise dari motor AF lensa, dan hampir tidak dapat didengar di dalam ruang yang diam. Pelacakan AF tepat dan harus mengikuti sebagian besar situasi. Saat memperbesar / memperkecil tampilan LCD akan berkedip di sudut-sudut layar, hampir seolah-olah itu semacam sketsa, tetapi tidak muncul di rekaman video. Semoga ini adalah sesuatu yang dapat diperbaiki melalui pembaruan firmware.

Kualitas Gambar

Saat aperture terbuka lebar, lensa memiliki beberapa vignetting dan distorsi, terutama pada 28mm. Tak satu pun dari gambar yang diambil memiliki jenis koreksi yang diterapkan, dan tidak ada koreksi profil Lightroom untuk Tamron. Setelah memotret melalui berbagai bukaan aperture, lensa berkinerja terbaik di sekitar f/3.5 – f/4 untuk ketajaman di pusat. Menggunakannya f/2.8 untuk sebagian besar situasi tidak menjadi masalah, tetapi tergantung pada panjang focal juga, gambar kadang-kadang bisa menjadi sangat soft (kurang tajam). Kinerja di sudut frame juga meningkat saat lensa stopped down. Ketajaman sudut terbaik muncul di sekitar f/7.1 – f/8, dan ketajaman keseluruhan terbaik di seluruh gambar tampaknya berada dalam kisaran itu juga. Secara keseluruhan, gambar yang dihasilkan dari lensa ini sangat bagus.

Kesimpulan

Dengan harga $799, lensa Tamron 28-75mm f/2.8 termasuk murah dibandingkan dengan Sony 24-70 f/2.8 GM, dan hampir tidak ada jauh berbeda dibandingkan dengan 24-70 F/4 milik Zeiss. Kinerja Tamron dengan mudah bertahan melawan salah satu dari keduanya dan sementara ketajaman sudut mungkin tidak akan bertahan terhadap lensa Sony GM. Tidak mengherankan jika banyak pemilik 24-70 f/4 menjual lensa mereka untuk mendapatkan Tamron. Sementara para profesional yang bekerja penuh waktu mungkin masih memilih model G Master.

Semua gambar di atas memiliki Hak Cipta © fotografer Ihor Balaban.