×
Panduan Setting Nikon D7500
Setting

Panduan Setting Nikon D7500

Kembali1 of 4

Nikon D7500 adalah kamera kompleks dengan lebih dari 100 opsi menu, dan tidak mudah untuk mengetahui cara mengatur semuanya dengan benar. Panduan ini mencakup pengaturan yang paling penting dan cara memilihnya untuk Anda sendiri. Perlu diingat bahwa ini adalah preferensi pribadi, dan Anda mungkin akhirnya menetapkan beberapa dari pengaturan kamera Anda secara berbeda, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Informasi di bawah ini akan membantu Anda memahami cara menggunakan Nikon D7500 secara maksimal jika Anda merasa bingung tentang beberapa pengaturan dan menu yang dimilikinya.

Tombol dan Dial

Nikon D7500 memiliki sejumlah tombol, switch, dan dial yang layak dipelajari sebelum Anda masuk ke menu. Idealnya, Anda hanya akan masuk ke menu pada kesempatan langka, dan Anda akan mengatur sebanyak mungkin melalui kontrol eksternal ini karena caranya lebih cepat.

Bagian Depan Nikon D7500

Untuk memulai, mari kita lihat bagian depan kamera, di mana Anda akan menemukan sejumlah pengaturan penting. Terdapat sebuah dial (bentuk roda bergirigi) di bagian atas, dua tombol khusus Fn1 dan Fn2, tombol flash, switch untuk merubah fokus auto dan fokus manual, ada sebuah tombol dalam switch itu, tombol “BKT” (bracket) di dekat bagian atas, dan tombol yang tidak berlabel di tengah. Anda dapat melihat semua itu dalam gambar di bawah ini:

Apa yang dilakukan masing-masing pengaturan ini? Kami akan membahas masing-masing secara singkat:

  1. Dial (disebut “Sub Command Dial“) melakukan sejumlah besar tugas, dan itu tergantung pada mode yang Anda gunakan dan tombol yang Anda tekan. Anda akan banyak menggunakan ini dalam beberapa menu.
  2. Tombol Fn1 dan Fn2 adalah tombol yang dapat diprogram khusus. Tombol ini juga memungkinkan Anda melakukan sejumlah tugas, dan kami akan membahas semua opsinya pada bagian “Custom Setting Menu” di bagian bawah artikel.
  3. Tombol flash untuk membuka lampu flash. Sedangkan cara menutupnya, Anda hanya perlu menekan popup flash itu sendiri. Juga, dengan menahan tombol ini sambil memutar / menggulir sub command dial di bagian depan D7500, Anda dapat menyesuaikan kompensasi eksposur flash kamera Anda.
  4. Tombol BKT adalah singkatan dari “Bracketing”, ini untuk mengambil serangkaian foto dengan kadar eksposur yang berbeda-beda. Fotografer menggunakan ini sehingga mereka dapat secara otomatis mengambil serangkaian foto dari gelap ke terang, baik untuk digabungkan menjadi HDR atau memastikan bahwa mereka menangkap eksposur yang baik. Tekan tombol BKT dan putar / gulir tombol dial untuk mengubah pengaturan bracketing Anda. Secara pribadi, kami membiarkan ini dimatikan. Kami biasanya menyesuaikan eksposur secara manual, dan mengkhususkan ini hanya untuk bracketing.
  5. Tombol besar yang tidak berlabel adalah digunakan ketika gunakan untuk mengganti lensa. Tekan dan tahan tombol ini lalu putar lensa ke kiri untuk melepasnya dari kamera.
  6. Switch untuk mengalihkan fokus auto dan fokus manual. Biasanya kami tidak memiliki alasan untuk mengalihkan ini ke fokus manual, dan Anda dapat melakukan hal yang sama pada kebanyakan lensa yang Anda gunakan. Adapun tombol di dalam switch ini adalah tombol yang penting. Dengan menekan tombol ini dan memutar salah satu dari dua dial pada D7500, Anda dapat beralih di antara mode autofocus (AF Mode) yang berbeda. Kami memiliki artikel yang menjelaskan AF Mode dan yang terbaik untuk digunakan (baca di sini).

Bagian Belakang Nikon D7500

Anda akan menemukan sebagian besar tombol dan opsi utama Nikon D7500 di bagian belakangnya. Banyak di antaranya yang intuitif, dan Anda dapat menemukan jawabannya di buku manual Nikon D7500 jika Anda tidak yakin apa yang kami rekomendasikan. Namun, kami akan membahas yang paling penting di bawah ini:

  • Tombol AE-L AF-L di bagian atas adalah satu tombol lagi yang dapat Anda program khusus untuk melakukan beberapa tugas. Secara default, ini berfungsi mengunci eksposur saat Anda menekan sambil menahannya. Namun kami sangat menyarankan untuk menetapkan ini ke AF-ON di menu (yang akan kami bahas nanti di bagian “Custom Setting Menu”).
  • Tombol arah dengan tombol “OK” di tengahnya adalah untuk memilih / berpindah / mengatur semuanya dari opsi menu hingga titik fokus. Anda akan sering menekan tombol arah kanan daripada tombol OK itu sendiri untuk memilih sesuatu, yang sangat berguna ketika Anda kesulitan menekan tombol OK, seperti saat Anda mengenakan sarung tangan.
  • Sebuah switch bawah tombol arah, yang berada di antara “L” dan ““, untuk mengunci titik fokus otomatis kamera, untuk mencegah ketidaksengajaan memindahkan titik fokus. Ini dapat berguna dalam kondisi tertentu, tetapi ini juga merupakan pengaturan pertama yang harus Anda perhatikan jika fokus otomatis Anda menolak untuk bergerak!
  • Tombol di bagian belakang disebut “Main Command Dial“. Ini sangat berguna, karena Anda akan memutarnya / menggulirnya untuk menyesuaikan hampir setiap pengaturan pada D7500. Seringkali, Anda menekan tombol pada kamera dan memutar tombol ini untuk mengubah sesuatu dengan cepat daripada masuk ke menu.
  • Tombol LV di bagian bawah untuk mengaktifkan Live View, dan akan beralih dari viewfinder dan menampilkan semua adegan di layar LCD kamera. Manfaat dari live view adalah Anda dapat menganalisa lebih baik tentang apa yang dilihat oleh sensor kamera Anda, tetapi kerugiannya adalah ia memakan lebih banyak daya baterai dan membuat kinerja autofocus lebih lambat. Kami cenderung menggunakan live view untuk fotografi landscape, dan kami menggunakan viewfinder untuk hal-hal seperti fotografi wildlife dan portrait.
  • Switch di sekitar tombol LV akan mengubah dari mode kamera ke mode video. Karena tentu Anda tidak dapat memfilmkan video sambil melihat melalui viewfinder.
  • Tombol di bagian bawah kiri dengan titik hijau di sebelahnya, tepat di atas tombol “info“, berguna untuk mengubah mode metering. Meskipun secara pribadi kami jarang menggunakan ini, karena kami cenderung sering menggunakan mode metering “Matrix” di sebagian besar waktu.
  • Tombol “i” menarik menu yang berbeda apakah Anda berada dalam tampilan video langsung, live view, atau viewfinder. Ini hanyalah menu kecil untuk melakukan tugas-tugas singkat, misalnya di viewfinder, itu hanya menampilkan tujuh pengaturan menu terbaru Anda. Kami biasanya tidak menekan tombol “i” saat mengambil gambar, tetapi ini adalah preferensi pribadi.
  • Tombol zoom dapat memperbesar layar live view Anda atau memperbesar gambar saat meninjaunya dalam kamera.
Kembali1 of 4