×
7 Tips dan Trik Kamera Nikon oleh Steve Perry 03
Tips Trik

7 Tips Dan Trik Kamera Nikon oleh Steve Perry

Sebelumnya kami telah menulis referensi dari fotografer Steve Perry untuk “7 Trik Menyesuaikan Pengaturan Kamera Nikon Untuk Memudahkan Pengguna“, bersama videonya yang populer dalam artikel tersebut. Nah, kali ini Steve berbagi tips baru yang masih seputar kamera Nikon. Sebelum kita masuk pada rincian tips dan triknya, mari kita simak terlebih dahulu videonya di bawah ini:

Sekarang mari kita masuk pada bagian tips dan trik kamera Nikon oleh Steve Perry:

1. Simpan Pengaturan Anda

Banyak kamera Nikon yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan pengaturan kamera mereka. Tersedia opsi “Save/Load Settings” dalam SETUP MENU. Simpan pengaturan kamera utama Anda ke kartu memori Anda dan kemudian muat (load) lagi kapan saja diperlukan (misalnya: setelah mereset kamera sepenuhnya). Ini juga bisa menjadi cara yang berguna untuk berbagi satu kamera antara beberapa orang atau menyalin pengaturan dari satu kamera ke kamera lainnya (dari model yang sama).

2. Rename File Anda

Jika Anda memiliki banyak kamera, nama file di antara kamera dapat menimbulkan konflik. Anda dapat mengubah awalan default “DSC”pada file Nikon menjadi nama apa pun yang Anda inginkan. Anda hanya perlu merubah namanya melalui opsi File Naming dalam menu Photo Shooting.

3. Tingkatkan Viewfinder

Anda dapat mengatur kamera Anda sehingga membuat joystick kamera mengaktifkan horizontal buatan di dalam viewfinder. Ini akan membantu Anda mengatur keseimbangan adegan, juga menyamakan dengan benar bidikan Anda tanpa mengalihkan pandangan mata Anda dari objek. Pengaturan ini tergantung pada model kamera yang Anda miliki (lihat video di atas untuk melihat metode yang berbeda).

4. High Speed Flash Sync

Pengaturan Auto FP dalam DSLR Nikon memungkinkan Anda untuk menggunakan shutter speed lebih cepat daripada kecepatan sinkronisasi normal pada unit flash yang didukung (dengan rentang flash yang dikecilkan). Anda akan menemukan opsi ini di menu Custom Setting di bawah Bracketing/Flash.

5. Mudah Mengatur ISO dan Exposure Compensaton

Bagaimana jika Anda ingin cara yang mudah untuk menyesuaikan ISO dan kompensasi eksposur tanpa harus “menekan tombol dan memutar dial pada saat yang sama”? Pada beberapa model Nikon, Anda dapat mengatur hal-hal sehingga pergantian sederhana dari main command dial akan langsung mengubah ISO atau kompensasi eksposur. Tonton video di atas untuk melihat metode untuk mengaktifkannya tergantung pada kamera mana yang Anda miliki.

6. Grid Dalam Viewfinder

Umumnya grid diperlukan untuk menerapkan Rule of Thirds dan menyusun komposisi. Pada DSLR Nikon, Anda bisa mengaktifkan Viewfinder Grid, sehingga viewfinder akan berubah dari tampilan standar yang sederhana, menjadi memiliki overlay grid.

Aktifkan Viewfinder Grid di menu Custom Setting. Caranya, masuklah ke Shooting/display, lalu ubah nilai Viewfinder grid display menjadi “ON“.

7. Exposure Delay Mode

Jika Anda tidak memiliki remote shutter release untuk memicu kamera dari jarak jauh, Anda bisa menerapkan trik ini., yaitu mengatur jeda singkat antara saat Anda menekan tombol rana dan saat kamera melakukan eksekusi pengambilan gambar. Masuk ke Shooting/display, lalu aktifkan Exposure delay mode kemudian pilih nilai yang Anda butuhkan.

Jika Anda melewatkan 7 tips kamera Nikon pertama Steve Perry yang kami publish sebelumnya, pastikan untuk membacanya di sini. Anda juga dapat menemukan lebih banyak video tutorial Steve di YouTube dan situs webnya.