×
Membuat Foto Makanan Melayang
Tips Trik

Cara Membuat Foto Makanan Melayang Di Udara

Adegan makanan melayang sering keli tampil dalam iklan kreatif. Trik ini sengaja disusun untuk menunjukan bahan-bahan individual seperti sandwich dan burger. Di antara kalian mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana cara menangkap adegan seperti itu?

Fotografer makanan Skyler Burt dari We Eat Together membuat tutorial 5,5 menit tentang bagaimana cara membekukan waktu dan ruang untuk membuat foto makanan / roti melayang di udara. Ini menarik dan layak dicoba, terutama bagi Anda yang memang hoby menembak food photograpy. Mari kita lihat penjelasan Burt dalam video di bawah ini:

Bahan yang diperlukan dalam tutorial Burt bukanlah benda langkah. Ia menggunakan 2 tripod atau stand lighting atau apa saja yang bisa digunakan membentangkan kawat. Kemudian makanan diletakkan di atas kawat tersebut.

“Ini benar-benar tidak sesulit yang tampak pada gambar untuk dibuat,” kata Burt. “Yang kamu butuhkan adalah sesuatu untuk meletakkan makananmu.”

Adapun cara menembaknya, Anda bisa menggunakan remote shutter atau menggunakan self-timer.

Triknya adalah Anda harus mengambil tiga versi adegan, kemudian ketiganya diolah di Photoshop dengan urutan sebagai berikut:

  • Gambar pertama hanya kawat dan makanan di atasnya
  • Gambar kedua hanya latar belakang (dalam pemotretan ini diakhirkan, karena harus menyingkirkan semua makanan dan stand)
  • Gambar ketiga menampilkan makanan dan orang yang memegang piring

Berikut screenshoot bagaimana cara Burt mengolah 3 gambar tersebut sesuai urutan di atas:

Burt sendiri menggunakan Photoshop untuk mengolah gambarnya. Yang pertama kali dikerjakan adalah menghapus kawat. Untuk menyingkirkan kawat yang sulit karena melekat pada makanan, Anda bisa menggunakan alat “Spot Healing Brush” pada Photoshop (tekan tombol J pada keyboard untuk memilih tool ini) . Ya, tutorial ini sedikit membutuhkan keahlian Photoshop. Berikut hasil akhirnya:

Jika Anda belum mengerti penjelasan kami, silahkan nonton video Burt di atas dan simak langkah-langkahnya. Anda bisa melihat tutorial Burt lainnya di channel Youtube miliknya We Eat Together.