×
Cara Menggunakan Lensa Nikon Pada Kamera Canon
Tips Trik

Cara Menggunakan Lensa Nikon Pada Kamera Canon

Saat menguji beberapa lensa Canon EF pada Canon 5D Mark III, kami memutuskan untuk mencoba mengkomparasi lensa tersebut dengan lensa Nikon terbaru untuk melihat bagaimana kinerjanya secara berdampingan. Pertama, rencana kami adalah memasang lensa Nikon pada D800 dan lensa Canon pada 5D Mark III, lalu melihat gambar pada tampilan 100%, tetapi kemudian saya menyadari bahwa akan sulit untuk melakukan perbandingan yang adil, karena kameranya berbeda. Saat itulah kami berpikir untuk menggunakan lensa Nikon pada Canon DSLR dengan bantuan alat yang disebut adapter. Jadi, berdasarkan pengalaman di atas, Anda sudah faham kan apa itu adapter dan apa fungsinya? Ya, memasang lensa milik Nikon ke DSLR Canon sangat memungkinkan. Maka pada artikel ini, kami akan membagikan pemikiran dan pengalaman kami tentang penggunaan lensa Nikon pada DSLR Canon.

NIKON D3S + 105mm f/2.8 @ 105mm, ISO 800, 1/80, f/8.0

1. Dapatkah lensa Nikon dipasang pada DSLR Canon?

Seperti yang telah kami katakan di atas, ya, Anda dapat memasang semua lensa Nikon F (bahkan lensa tipe “G” terbaru tanpa cincin aperture) pada DSLR Canon. Namun Anda akan memerlukan bantuan adapter khusus lensa Nikon ke Canon untuk melakukan itu. Ada banyak pilihan yang tersedia dari berbagai merek. Adapter generik dapat dibeli dengan harga kurang dari 300 ribuan,- tetapi itu hanya akan bekerja dengan lensa Nikkor yang lebih tua dengan cincin aperture. Untuk lensa tipe “G”, Anda akan memerlukan adapter khusus yang harganya bisa mencapai 7jt-an.

2. Dapatkah lensa Canon dipasang pada DSLR Nikon?

Tidak, lensa Canon tidak dapat dipasang di DSLR Nikon. Secara teknis memang dimungkinkan untuk merancang adapter untuk melakukan itu, tetapi Anda tidak akan dapat melakukan fokus infinity. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa DSLR Nikon memiliki jarak yang lebih panjang antara flensa lensa dan sensor (focal plane), yang akan membuat lensa Canon berperilaku hampir seperti extension-tube. Nikon memiliki jarak fokus flensa 46.5mm, sedangkan mount Canon EF adalah 44mm. Sementara tebal adapter dapat digunakan pada DSLR Canon adalah 2,5mm, jadi memang sangat sulit sulit untuk mewujudkan itu.

3. Apa keuntungan menggunakan lensa yang berbeda dengan Adapter?

Jadi, mengapa memasang lensa Nikon pada Canon DSLR? Lensa Nikon dirancang untuk digunakan dengan DSLR Nikon, begitupula untuk lensa Canon. Namun, kadang-kadang mungkin ada kebutuhan lain atau nilai plus dari lensa merk lain yang membuat kita tertarik menggunakannya. Berikut adalah beberapa alasan yang dapat kami pikirkan:

  • Anda memiliki lensa Nikon tetapi DSLR Anda merk Canon, jadi membeli adapter akan menjadi alternatif yang lebih murah.
  • Anda ingin merekam video pada DSLR Canon dan Anda dapat mengubah aperture lensa secara silent menggunakan adapter daripada memutar cincin aperture lensa atau tombol pada kamera.
  • Anda hanya ingin melakukannya untuk bersenang-senang!

Karena berbagai jenis dan ukuran pemasangan, biasanya tidak mungkin memasang lensa dari satu produsen pada kamera dari produsen yang berbeda; kecuali jika lensa dibuat oleh perusahaan pihak ketiga khusus untuk pemasangan tertentu. Misalnya, Sigma, Tamron dan Zeiss yang membuat lensa untuk dudukan kamera yang berbeda. Jadi jika Anda tidak menggunakan lensa pihak ketiga, satu-satunya cara Anda dapat memasang lensa dari satu produsen pada kamera dari yang lain adalah dengan menggunakan adapter.

4. Konsekuensi Menggunakan Adapter

Konsekuensi di sini tidak selalu berarti resiko kerusakan. Tapi pengting untuk dipertimbangkan, jika Anda memutuskan menggunakan adapter untuk lensa Nikon pada DSLR Canon, maka berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Baca juga:

  • Fokus otomatis tidak akan berfungsi
  • Vibra Reduction (VR) dan kontrol aperture otomatis tidak akan berfungsi
  • Fokus manual bisa rumit ketika situasi minim cahaya, Anda mungkin perlu membuka aperture agar memperoleh fokus, lalu mengatur lensa ke apertuer yang diinginkan.
  • Tidak akan ada konfirmasi fokus, kecuali Anda membeli tambahan chipped adapter.
  • Tidak akan ada informasi EXIF ​​yang relevan dengan lensa,
  • kecuali Anda membeli tambahan chipped adapter
  • Pengukuran akan berfungsi, tetapi mungkin sedikit tidak aktif dalam beberapa kasus.
    Jika Anda tidak ingin selalu menukar adapter di antara lensa, mungkin yang terbaik adalah menyediakan adapter untuk setiap lensa, yang tentu saja itu menguras dompet.
  • Yang terbaik adalah menggunakan lensa dengan cincin aperture.
  • Saat menggunakan lensa Nikkor tipe “G”, tidak mungkin untuk memilih aperture tertentu kecuali maksimum dan minimum. Tuas tidak memiliki indikasi yang jelas tentang bukaan tertentu, sehingga Anda harus sering menebak apa yang didasarkan pada meter kamera.
  • Anda mungkin perlu memotong atau melepas gasket karet yang tahan cuaca pada lensa “G” Anda agar adapter dapat leluasa dikendalikan.

Mungkin, memasang lensa Nikon pada body Canon bukan ide yang baik bagi kebanyakan orang di luar sana. Sebab semuanya harus dioperasikan secara manual.

5. Tips memilih Adapter

Saat memilih adapter, pastikan untuk mendapatkan adapter logam berkualitas tinggi yang sesuai dengan lensa dan kamera Anda. Adapter yang baik harus kokoh dan dapat diandalkan, pastinya Anda tidak ingin menjatuhkan lensa Anda hanya karena lensa tidak terpasang dengan baik dengan adapter. Selain itu, merek murah dapat dibuat dari logam berkualitas rendah yang mungkin menjatuhkan potongan logam kecil ke kamera Anda, sangat beresiko untuk mirror atau bahkan pada sensor kamera Anda. Jadi pikirkan lagi sebelum Anda memasang adapter yang jelek pada DSLR kesayangan Anda.

NIKON D3S + 105mm f/2.8 @ 105mm, ISO 500, 1/100, f/8.0

6. Rekomendasi Adapter untuk Nikon F ke Canon EF

Adapter untuk pemasangan lensa Nikon ke Canon yang terbaik dan tersedia di pasaran saat ini dibuat oleh Novoflex dan 16:9. Salah satu bekerja dengan baik, tetapi adapter kedua milik 16:9 harus dibeli dengan chip yang dapat diprogram (Anda dapat memprogram hal-hal seputar focal length dan aperture ke dalam lensa).

Kelasfotografi.com - Tutorial fotografi, tips trik, olah digital, review kamera dan lensa, inspirasi, dan info menarik lainnya. Terima kasih telah menjadi pemirsa kami.