Membuat Bokeh Unik Bentuk Emote dan Tengkorak – KELASFOTOGRAFI.COM
Terhubung Dengan Kami

Tips Trik

Membuat Bokeh Unik Bentuk Emote dan Tengkorak

Membuat kustom bokeh untuk lensa Anda bisa menjadi project yang menyenangkan. Biasanya, fotografer melakukannya dengan kasar memotong bentuk dari selembar kartu hitam dan melekatkannya sampai ke ujung lensa. Tapi metode ini tidak memungkinkan banyak detail atau kerumitan. Ada juga Bokeh Masters Kit, yang dilengkapi dengan beberapa bentuk potongan laser yang menarik, dan beberapa cakram cadangan untuk dibuat sendiri.

Tapi apakah Anda membuat sendiri dari nol, atau menggunakan Bokeh Masters Kit? Ada cara lain untuk membuat desain kustom bokeh Anda sendiri. Metode dari fotografer Micael Widell ini menggunakan lembaran transparansi bersama dengan printer untuk membuat bentuk kustom-nya. Dan di video ini, dia menunjukkan bagaimana dia melakukannya.

Setelah menyadari betapa buruknya dia dalam memotong shape bokeh dari kertas, Micael mulai memikirkan cara lain untuk membuat kustom bokeh. Saat itulah dia memiliki ide untuk menggunakan Xerox Premium Transparencies, yang dirancang untuk proyektor overhead. Dia akan membuat desainnya di komputer, lalu mencetaknya hanya di atas lembaran, dan memotongnya dengan mudah sesuai ukurannya.

Setidaknya ada dua jenis lembar transparansi. Satu untuk printer ink jet, dan printer laser. Jadi, pastikan untuk mendapatkan printer yang benar yang ingin Anda gunakan, atau Anda mungkin perlu membeli printer baru. Micael menggunakan printer laser untuk metodenya.

Micael menciptakan sederet gambar agar sesuai dengan lembaran di dalam Photoshop. Anda ingin gambar Anda menjadi hitam dan putih? Micael melakukan itu dengan tools “curves adjustment layer” di Photoshop.

Dia menyarankan agar mengatur printer untuk mencetak dengan kualitas maksimal. Ini akan meningkatkan kerapatan toner pada transparansi, dan membantu memastikan hitam benar-benar hitam. Selain dari itu tidak ada yang rumit, Anda hanya tinggal memotong gambar-gambar Anda.

Setelah memotong, selanjutnya membuat holdernya. Itu dimulai dengan memilih lensa mana yang ingin Anda gunakan. Micael menggunakan lensa Samyang 135mm f/2 untuk pengujiannya, karena memungkinkan kedalaman lapangan yang dangkal (DOF sempit). Holder itu sendiri terbuat dari lembaran beludru hitam, yang dibantu dengan perekat. Ini membantu mencegah cahaya agar tidak terefleksi di dalam holder.

Kemudian Micael memotong lubang di tengah, di mana transparansi akan ditempatkan. Perekat yang mendukung beludru membuat benda itu tetap menempel ketat di bagian depan holder lensa, tanpa mengharuskannya membungkus seluruhnya di ujung lensa Anda. Kemudian transparansi dilekatkan ke beludru dengan tape.

Setelah semua selesai, silahkan lakukan percobaan. Arahkan kamera Anda pada sesuatu, dan tembaklah. Jelas, saat Anda menutupi bagian dari lubang lensa, Anda akan kehilangan sedikit cahaya, namun meteran kamera Anda seharusnya bisa memberi kompensasi (baca di sini cara mengatur kompensasi eksposur).

Entah Anda memanfaatkannya dalam pengambilan gambar diam atau membuat video, ide ini dapat menambahkan efek yang besar pada visual Anda.

Selamat mencoba!!

BACA JUGA: 8 Filter Foto DIY Yang Bisa Anda Buat Dengan Mudah di Rumah

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha kami menyusun semua artikel di blog Kelasfotografi.com.

Kategori #Tips Trik

To Top