×
Membuat Sendiri Reflektor dari Kertas Aluminium Foil
Tips Trik

Membuat Sendiri Reflektor Dari Kertas Aluminium

Reflektor adalah alat untuk merefleksikan cahaya dan ia merupakan sumber pencahayaan kedua yang dapat membantu meratakan pencahayaan pada subjek portrait.

Jika Anda membutuhkan reflektor untuk bermain dengan pencahayaan, tetapi tidak ingin menghabiskan uang untuk membeli yang asli, Anda mungkin ingin mencoba membuat reflektor sendiri d rumah. Alat-alat yang dibutuhkan juga murah, mudah pembuatannya, dan hasilnya layak untuk digunakan mengisi cahaya ke area shadow yang keras sekali pun.

Bahan yang diperlukan:

Siapkan sekarang bahan-bahan di bawah ini:

  • Papan rata yang berukuran besar (triplek atau kardus)
  • Perekat (lem kertas dan solatip / lakban)
  • Sejumlah kertas aluminium berwarna perak (aluminum foil)

Proses membuat reflektor sebenarnya sangat intuitif. Cukup ubah papan Anda ke ukuran dan bentuk yang Anda inginkan, akan tetapi kami merekomendasikan ukuran reflektor yang sebenarnya (32″ atau 42″) dan kami menggunakan kardus agar lebih mudah dibawah ke mana-mana.

Kemudian tempelkan kertas aluminium foil ke permukaannya menggunakan perekat. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini bahwa kertas aluminium biasanya memiliki dua permukaan berbeda. Salah satunya memiliki permukaan yang lebih reflektif, jadi terserah Anda untuk memilih bagian mana yang ingin Anda gunakan. Alih-alih memilih, kami malah menutupi kedua sisi kardus dengan permukaan aluminium yang berbeda di setiap sisi. Ini memungkinkan kami untuk memilih seberapa banyak yang ingin direfleksikan.

Juga, beberapa orang memilih untuk merumpukkan aluminium foil mereka sebelum menempelkannya ke papan, karena ini memberikan cahaya yang lebih lembut dan kurang terarah. Anda juga bisa menyemprotkan cat foil untuk mengubah warna dan kualitas cahaya yang Anda refleksikan.

Berikut hasil pembuatan reflektor kami:

Cara Menggunakannya

Sama seperti fungsi reflektor asli, ini dapat membantu Anda mengisi cahaya (fill light) untuk mengimbangi pencahayaan utama (key light) yang keras dan menghasilkan bayangan yang tidak menarik pada subjek Anda. Lihat kasus berikut ini sebagai contoh:

Cahaya utama hanya menerangi sisi kiri boneka sehingga meninggalkan bayangan di bagian kanannya. Sekarang kita mengisi cahaya pada bayangan di sisi kanan boneka tersebut agar pencahayaan merata di kedua sisi boneka. Perhatikan gambar di bawah:

Berikut hasilnya:

Seperti yang Anda lihat, reflektor ini dapat membantu Anda mengatasi kondisi pencahayaan yang tidak diinginkan, bahkan dapat menambahkan kilatan ke mata subjek Anda yang menghidupkan portrait mana pun.