×
Modifikasi DSLR Dengan Menambahkan Pendingin Ekstrim
Tips Trik

Modifikasi DSLR Menambahkan Pendingin Ekstrim, Hasilnya Mengejutkan!

Kamera dapat dimodifikasi untuk keperluan astrophotography dengan memasukan alat pendingin tambahan untuk sensor. CentralDS memiliki satu cara ekstrim untuk menjaga sensor tetap dingin: ia mengekstraksi sensor dari kamera dan memindahkannya ke modul pendingin eksternal buatan mereka sendiri.

“Kami mengeluarkan sensor gambar dan memindahkannya ke arah lensa dan membuat modul pendingin,” tulis CentralDS. Peredam panas dalam modul memberikan pendinginan pasif ke suhunya dan sebuah ventilator di bagian belakang modul menyediakan pendinginan aktif.

Sensor dipindahkan keluar dari body kamera dan ditempatkan sebuah modul pendingin antara lensa dan body

Sebelumnya pada tahun 2016, upaya seperti ini telah dilakukan dengan menciptakan modul pendingin astrophotography yang menempatkan modul pendingin raksasa tepat di belakang sensor kamera, tetapi modul sensor-extraction milik CentralDS ini menunjukan suatu peningkatan yang baru.

Salah satu konsekuen yang signifikan dari modifikasi ini adalah body kamera memiliki penampilan yang cukup tidak biasa, besar dan kemungkinan bobotnya bertambah. Berikut hasil modifikasi kamera dari beberapa produsen yang berbeda:

Seperti yang Anda lihat, ada cukup ruang ekstra antara cincin mount lensa dengan sensor CMOS yang diekstraksi untuk filter drop-in yang akan digunakan.

Karena sensor CMOS tidak lagi tersembunyi di balik mesin shutter, sehingga jendela shutter tidak lagi berguna, karena modifikasi kamera mengandalkan sistem shutter elektronik untuk memotret.

Berikut adalah beberapa foto perbandingan masalah noise yang dihasilkan oleh kamera normal (tanpa pendingin) versus kamera yang dimodifikasi oleh CentralDS:

CentralDS saat ini menjual modifikasi kamera Nikon D850 seharga $4,950, Nikon D810 seharga $3.680 +, Canon 80D seharga $1.950, Canon 5D Mark IV seharga $4,750, dan Canon 200D seharga $1.450.