×
Tips Trik

Tips Fotografi Minimalis Kreatif Untuk Blogger

Blogger pada umumnya bukan fotografer, namun mereka biasanya membutuhkan fotografi. Banyak yang hanya menghuni situs web fotografi stok murah atau CC-Zero untuk mencari gambar yang akan dilampirkan ke konten mereka. Ini yang akan kita bahas kali ini, tentang bagaimana menyiapkan gambar kreatif untuk kebutuhan konten blog. Kabar baiknya, hampir semua orang memiliki kamera akhir-akhir ini, meskipun itu hanya kamera ponsel, setidaknya itu cukup membantu.

Video di bawah ini dari COOPH bersama seorang blogger & YouTuber Jenny Mustard yang menunjukkan kepada kita bagaimana cara menghasilkan sendiri gambar yang luar biasa dengan sangat mudah. Mereka adalah contoh yang cukup efektif yang bahkan pemula pun tidak punya waktu untuk mengatasinya.

Seperti yang Anda lihat, saran yang ditawarkan tidak terlalu rumit. Materinya tentang menciptakan komposisi yang kohesif dan menyenangkan. Ini cara untuk membuat foto Anda sedikit lebih kecil namun menciptakan dampak yang sedikit lebih besar.

1# Tambahkan sesuatu yang organik

Menambahkan sesuatu yang organik ke dalam larik benda anorganik menciptakan estetika alami. Ini memberikan keselarasan pada gambar Anda dan membantu mencegahnya terlihat terlalu klinis.

2# Gunakan simetri

Simetri menciptakan keteraturan dan keseimbangan. Orang-orang suka yang teratur dan seimbang, karena komposisi seperti itu menyenangkan mata. Belajarlah lebih banyak tentang keseimbangan (balance), silahkan klik di sini untuk melihat pembahasan kami tentang keseimbangan.

3# Gunakan asimetri

Kebalikan dari tips di atas, asimetri juga bisa memiliki manfaat. Terkadang menggunakan asimetri memang tidak dapat membantu. Mungkin subjek Anda adalah sesuatu yang tidak terlalu bagus. Yang dimaksud bagian asimetri dalam tips ini adalah menggunakan ruang negatif yang dapat membantu untuk lebih menekankan pada subjek. Untuk gambar blog, ruang negatif ini dapat memberikan tempat di mana Anda dapat berpotensi menambahkan judul atau teks lain ke gambar.

4# Desaturasi Background

Kami tidak berbicara banyak tentang selective colour di sini. Mengurangi saturasi warna di latar belakang hanya sedikit membantu menenangkannya dan mencegah potensi beralihnya perhatian pemirsa dari subjek utama. Dengan subjek Anda yang tidak terganggu, itu benar-benar dapat membantu membuat mereka menonjol.

5# Membuat colour splash

Sedikit warna dalam gambar yang tidak monoton benar-benar membantu menarik perhatian pada gambar dan subjek. Mata kita secara alami tertarik pada hal-hal yang cerah dan berwarna-warni di lautan keremangan. Menggunakan latar belakang polos benar-benar dapat membuat warna-warna cerah itu menonjol.

6# Menggunakan colour scheme

Juga kadang-kadang dikenal sebagai “Go ham with the spray paint”. Tidak selalu demikian. Kadang-kadang Anda akan beruntung dan kebetulan menemukan warna yang tepat dari alat peraga untuk dicocokkan dengan skema warna yang Anda pilih. Menciptakan gambar seperti ini didasarkan pada satu warna, juga, ini menciptakan harmoni. Tips ini membantu menenangkan adegan yang sibuk dan sangat efektif. Anda juga akan melihat bahwa ada sedikit simetri yang digunakan dalam gambar di atas.

7# Menebak apa yang di luar frame

Tips ini membawanya keluar dari kaidah fotografi. Ya, ini akan memotong bagian subjek yang seharusnya dalam kaidah kita tidak boleh memotongnya, namun ini bekerja, karena ini termasuk strategi. Ini menciptakan sedikit intrik dan misteri. Dalam imajinasi pemirsa akan bertanya-tanya, penasaran, dan ini kuat menarik masuk mereka untuk berinteraksi dengan konten blog kita.

Mudah-mudahan tips di atas akan menginspirasi Anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Jika Anda sedikit lebih berpengalaman, tips di atas dapat membantu Anda untuk mulai berpikir lebih banyak tentang gambar dan lebih sedikit tentang peralatan.

Jangan lupa, baca juga: 10 Tips Memulai Fotografi Still Life