Terhubung Dengan Kami

Tips Trik

Tips Pencahayaan Gaya National Geographic

Foto National Geographic adalah sebuah sinonim untuk fotografi yang luar biasa. Dalam video di bawah ini dari channel Advancing Your Photography, Anda akan belajar bagaimana mencapai tembakan ala National Geographic. Bersama fotografer pemenang penghargaan “Robert Holmes (Bob)” akan mengajarkan Anda bagaimana menguasai teknik yang akan memberi foto Anda gaya National Geographic. Bob berbagi beberapa rahasia untuk mengenali serta menangkap momen dan cahaya yang sempurna, dan ini dapat membantu Anda membuat gambar travel Anda layak untuk kelas NatGeo.

Pelajari bagaimana kamera Anda bereaksi terhadap cahaya

Pertama-tama, Bob menunjukkan bahwa penting untuk menyadari peran cahaya dan apa pengaruhnya pada subjek. Namun lebih penting lagi jika Anda tahu bagaimana kamera Anda bereaksi terhadap cahaya. Kamera film dan kamera digital tidak bereaksi dengan cara yang sama terhadap cahaya, dan pencahayaan yang Anda hasilkan pada gambar bisa saja terlihat jauh berbeda dari mata Anda. Semua ini tergantung sejauh mana Anda menguasai pengaturan eksposur kamera Anda, sehingga jangan pernah lupa untuk memikirkan bagaimana pencahayaan yang akan terbentuk bersama gambar Anda nantinya. Ingat materi ini saat Anda mengejar pencahayaan atau mulai mengatur kamera untuk tembakan Anda.

Latihan membuat cahaya yang sempurna

Untuk mempelajari bagaimana kamera Anda bereaksi terhadap cahaya, Anda harus berlatih. Coba lah menembak di bawah cahaya yang berbeda-beda dan amati bagaimana kamera Anda berperilaku dengannya. Ini akan membantu Anda memahami cahaya dan selalu tahu seperti apa hasil akhirnya.

Pencahayaan Rembrandt

Bob Holmes menyebutkan dua jenis cahaya yang sering ia gunakan saat menembak, yang pertama adalah pencahayaan Rembrandt. Teknik pencahayaan ini bisa dilakukan dengan hanya menggunakan satu sumber cahaya, dan ini memberikan hasil yang sederhana dan alami.

Pencahayaan Vemeer

Jenis cahaya kedua adalah pencahayaan Vemeer. Ini sebuah teknik pencahayaan yang lembut dan menyebar, seperti yang masuk melalui jendela. Ini bagus untuk memotret seseorang, dan Bob menggunakannya secara ekstensif.

Kenali subjek Anda

Saat memotret seseorang, jangan hanya menghabiskan waktu menyiapkan lampu dan perlengkapannya. Sebagai gantinya, gunakan waktu untuk mengenal subjek Anda dan membuat hubungan dengannya. Kemudian, ambil sedikit waktu yang Anda bisa untuk benar-benar mengambil tembakan terbaik.

Kontrol cahaya peralatan seadanya

Terkadang mungkin Anda tidak bisa atau tidak mau mengambil terlalu banyak perlengkapan. Anda harus bisa mengendalikan pencahayaan tanpa ketergantungan menggunakan banyak peralatan. Jadi, daripada menyinari seseorang dengan flash tambahan, sebaiknya coba pindahkan subjek ke cahaya yang bisa Anda temukan di lokasi pemotretan.

Golden Hours

Tak perlu dijelaskan lagi bahwa golden hours adalah waktu terbaik untuk mengambil gambar. Saran Bob adalah “keluar lah sebelum matahari terbit (sunrise), dan menembak lah saat matahari terbenam (sunset).” Gunakan cahaya emas yang indah ketika senja dan fajar untuk keuntungan Anda.

Blue Hours

Selain golden hours, blue hours juga memberikan hasil yang fantastis. Bila pencahayan dingin pada blue hours dikombinasikan dengan lampu eksternal yang hangat (kekuning-kuningan), lampu ini bisa memberikan kontras cahaya yang menarik untuk gambar Anda.

Matahari di tengah hari

Kebanyakan fotografer akan setuju bahwa matahari tengah hari adalah bagian terburuk untuk waktu pemotretan. Tapi saat Anda bepergian, kadang Anda terpaksa harus menembak dalam kondisi yang jauh dari ideal seperti di siang bolong. Jadi, ambil yang terbaik dari pencahayaan di tengah hari yang keras.

Pindahkan subjek Anda ke dalam bayangan untuk membuat cahaya lebih menyanjung. Kemudian Anda bisa menggunakan sesuatu untuk memantulkan cahaya kepada subjek. Saya menyukai pendekatan DIY yang digunakan Bob, dia menggunakan koran untuk tujuan itu. Dalam situasi seperti itu penting untuk berfikir mencari pemecah masalah dan mencoba menggunakan apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Pahami perbedaan antara mata dan kamera Anda

Sama seperti saat Anda perlu mengetahui bagaimana kamera Anda bereaksi terhadap cahaya, Anda pun harus menyadari perbedaan antara kamera dan mata Anda. Lihatlah cahaya secara berbeda, dan matamu akan selalu mengimbangi warna dan intensitas yang selalu diingat sebelum mengambil foto.

Highlight

Tips terakhir dari Bob adalah jangan menghilangkan highlight. Saat Anda memotret dengan kamera digital, “biarkan eksposur Anda memiliki bagian highlight dan biarkan bagian shadow dalam kadar yang aman.”

Jadi, kesimpulannya perhatikan cahaya di tempat kejadian dan buat lah yang terbaik. Jangan hanya belajar mencari cahaya yang pas tapi belajar juga menggunakan cahaya alami dengan cara yang tepat. Jangan lupa kenali kamera Anda dan bagaimana ia berprilaku pada cahaya yang berbeda. Berlatih lah agar hasilnya seperti yang Anda harapkan.

Lanjut Membaca

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha kami menyusun semua artikel di blog Kelasfotografi.com. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.

More in Tips Trik

To Top